Berikut Kelebihan Menggunakan Ban Tubeless Untuk Kendaraan Anda

Ruangojol.com - Saat ini penggunaan ban tubeless menjadi jenis ban yang banyak digunakan kendaraan pada umumnya. Ban Tubeless menjadi pilihan karena memiliki beragam kelebihan pada penggunaannya.


Mudah didapatkan hingga perawatan yang mudah menjadikan ban tubeless menjadi pilihan yang pas untuk para pengguna kendaraan baik itu mobil ataupun motor.


Dilansir dari laman Auto2000, ban tubeless memiliki kelebihan yang mesti Anda tahu sebelum memilihnya. Berikut kelebihan ban tubeless yang perlu Anda ketahui!

1. Memiliki Daya Tahan Lebih Kuat

Ban tubeless memiliki daya tahan yang lebih kuat dibandingkan dengan ban lainnya. 

Ban tubeless terdapat fluid sealant yang berfungsi untuk merekatkan bagian ban yang terindikasi bocor, sehingga ban tubeless tidak menggunakan ban dalam. Ketika ban tubeless terkena benda tajam, maka fluid sealant langsung memadatkan bagian tersebut sehingga tidak bocor.

Menggunakan ban tubeless tak perlu takut mengalami kebocoran sepanjang perjalanan karena relatif aman. Bila memang ban tubeless bocor dan terlihat ada paku yang menancap, Anda dapat dengan mudah mencabut paku tersebut dan memberikan cairan khusus sehingga menutup lubang tersebut.

2. Penambalan Yang Cepat

Ban tubeless yang bocor bisa sangat mudah Anda tambal dengan menggunakan cairan khusus sehingga tidak membutuhkan waktu lama. Namun, penambalan ini sifatnya sementara, Anda tetap perlu ke tempat tambel ban untuk menambel menggunakan alat khusus sehingga luban tertutup dengan rapat.

Penggunaan cairan khusus untuk ban tubeless yang bocor bisa Anda oleskan ke bagian bocor, lalu tunggu hingga mengeras dan ban Anda sudah tidak bocor lagi. Walapaun harus ke tambel ban, tetap saja tidak membutuhkan waktu lama, karena tidak perlu membongkar ban yang memakan waktu lama.

Segeralah menambalkan ban tubeless Anda jika ada kebocoran sehingga tidak menimbulkan lubang yang lebih besar di bagian yang bocor.

BACA JUGA

3. Tidak Mudah Bocor

Ban tubeless merupakan jenis ban yang relatif aman dari kebocoran akibat tertusuk benda tajam. Ban ini sulit untuk bocor sehingga Anda tidak perlu pergi ke tukang tambal ban.

Jika ban tubeless Anda bocor, tak perlu khawatir karena ban tubeless dalam kondisi bocor masih mampu digunakan hingga jarak tempuk 200km hingga ban tersebut benar-benar kehilangan angin.

4. Perawatan Yang Mudah

Memiliki kelebihan yang aman dari masalah kebocoran dan mudah ditambal sendiri membuat ban tubeless memiliki perawatan yang sangat mudah. Anda hanya perlu menjaga tekanan angin tidak kempes saja.

Selain itu, menjaga kebersihan ban dan velg juga membantu perawatan pada ban sehingga tekananan angin pada ban sempurna.


Nah itu dia, kelebihan ban tubeless yang perlu Anda ketahui sehingga dapat menjadi pilihan untuk kendaraan Anda. Pilihlah ban tubeless yang sesuai ukuran jenis mobil Anda sehingga dapat lebih awet penggunaannya. Gimana? sudah tertarik untuk menggunakan jenis ban tubeless kan!