Kaca Mobil Tak Dapat Digerakan? Berikut Cara Mengatasi dan Merawat Power Window Mobil Anda Terbaru 2022

Ruangojol.com - Kejadian kaca mobil tidak mau terbuka ataupun tidak mau tertutup memang bikin kita pengendara mobil sangat tidak nyaman. Hal tersebut terjadi karena power window kendaraan Anda mengalami kerusakan. 


Pada kasus ini, ada beberapa hal yang menyebabkan kenapa power pada jendela tersebut mendadak macet. Dilansir dari laman Suzuki.co.id, berikut penyebab dan cara mengatasi power window supaya tidak mudah macet.

Cara Mengatasi Power Window yang Macet

Saat ini kebanyakan mobil telah menggunakan power window untuk membuka kaca mobil tak seperti mobil jaman dahulu yang menggunakan engkolan pada door trim. Perkembangan teknologi yang menggunakan power window memang memudahkan pengendara yang ingin membuka kaca mobil. Namun, power window juga sering mengalami kemacetan yang membuat pengendara jengkel.

Ada beberapa hal yang dapat terjadi bila power window mengalami kemacetan. Berikut cara mengetahui power window macet dan bagaimana cara merawatnya supaya tidak mudah macet:

1. Switch atau Saklar Mengalami Kerusakan

Saklar power window pada mobil berbeda dengan saklar lampu atau yang lainnya. Saklar tersebut lebih rumit, karena dalam satu saklar memiliki tiga tugas, yaitu window down, window up, dan juga off. Pada umumnya, saklar hanya memiliki dua tugas, yaitu on dan off.

Penggunaan terlalu sering seperti menaikan dan turunkan kaca mobil hingga berkali-kali dapat mempengaruhi masa pakai saklar. Ketika saklar mengalami kerusakan, kaca mobil akan mengalami kemacetan hingga tak dapat dinaikan atau diturunkan.

Pada kasus ini, biasanya terjadi seperti error yang menyebabkan kadang power window dapat bekerja dengan baik dan terkadang tidak berfungsi sama sekali. Jika dibiarkan, saklar dapat benar-benar rusak dan tidak berfungsi sehingga kaca mobil tidak dapat digerakkan. Cara mengatasi hak tersebut adalah dengan mengganti saklar yang rusak.

2. Motor Penggerak yang Sudah Aus

Mobil yang menggunakan power window sudah pasti menggunakan motor listrik sebagai penggerak utamanya. Motor listrik ini bisa terjadi kerusakan karena penggunaannya.

Brush atau yang biasa disebut juga dengan sikat motor merupakan bagian yang sering mengalami kerusakan. Sikat tersebut berfungsi untuk menyalurkan arus listrik dari sumber aslinya menuju rotor motor yang berputar. Rotor yang selalu berputar akan terus bergesekan dengan brush.

Gesekan yang terjadi secara berangsur menyebabkan sikat motor terkikis. Brush akan menjadi aus dan penyaluran arus listrik tidak bisa dilakukan dengan sempurna. Karena hal itu, motor akan maacet dan kaca tidak bisa digerakkan.

Kerusakan yang terjadi biasanya hanya terjadi pada satu pintu. Maka, bila pintu kiri mengalami kerusakan, Anda dapat menggunakan power dari sisi pengemudi. Jika kaca sama sekali tidak bergerak, maka motornya telah mengalami kemacetan.

Cara mengatasi hal ini adalah mengganti brush yang aus. Tetapi, bengkel resmi biasanya menyarankan untuk mengganti satu set motor power window.

3. Rel Kaca Mobil yang Terlalu Kotor

Rel pada kaca mobil memang rentan terkena kotoran. Kotoran bisa berupa debu maupun kotoran cair. Rel kaca yang terkena kotoran dapat menyebabkan pergerakan kaca mobil terganggu. Biasanya rel kaca yang kotor akan menimbulkan bunyi ketika kaca dinaik turunkan.

Apabila kotoran tersebut dibiarkan dan bertambah parah, kaca mobil akan mengalami kemacetan karena tertahan oleh banyaknya kotoran pada relnya. Hal ini memang biasanya dianggap enteng bagi pemilik kendaraan, namun bila dibiarkan akan merusak komponen yang lain.

Anda hanya perlu membersihkan dengan menyemprotkan siliko spray ke sela-sela rel kaca supaya rel pada kaca mobil bersih dan tidak terjadi kemacetan.

BACA JUGA

Cara Merawat Power Window Supaya Tidak Mudah Macet

Supaya power window mobil kendaraan Anda tidak mengalami kemacetan, Anda dapat melakukan perawatan dengan baik dan benar. Berikut cara merawat dan mencegah power window mobil supaya tidak macet:

1. Gunakan Power Window Seperlunya

Jangan terlalu sering menaik turunkan kaca mobil. Semakin sering kaca mobil dinaik turunkan, maka semakin sering power window bekerja dan akan akan cepat mengalami kerusakan.

Supaya lebih awet dan tidak macet, gunakan seperlunya saja. Seperti penggunaan kaca mobil untuk memasukkan udara yaitu cukup diturunkan sedikit dan tidak perlu menurunkan kaca mobil hingga keseluruhan.

Tak hanya itu, jangan sengaja dibuat mainan seperti menaik turunkan kaca mobil berkali-kali. Hal itu dapat membuat sekring mengalami kerusakan.

Sekring disini berfungsi untuk pemutuas aliran listrik yang berguna meminimalisir terjadinya korsleting. Ketika sekring rusak, seluruh power yang ada tidak akan berfungsi.

Namun, penggunaan power window yang tidak digunakan juga dapat menyebabkan kerusakan. Karena itu, Anda perlu mengetahui supaya Anda sekali-kali menaik turunkan satu-satu kaca mobil pada kendaraan Anda.

2. Membersihkan Kaca Mobil Secara Berkala

Kaca mobil memang sangat rentan terkena kotoran, terlebih kotoran pada rel kaca dapat menyebabkan kaca macet dan tak dapat bisa dinaik turunkan karena terhambat oleh kotoran tersebut.

Membersihkan kaca secara berkala selain supaya power window menjadi lebih awet, juga dapat mencegah komponen-komponen pada power tidak mudah berkarat.

Cara menjaga kaca supaya tetap bersih adalah dengan membersihkan seluruh bagian kaca secara rutin minimal setiap 1 minggu sekali dengan menggunakan silikon spray yang ada di pasaran. Anda dapat menyemprotkan silicon spray ke kaca dan sela-sela rel kaca secukupnya.

Penyemprotkan silicon spray pada kaca mobil dapat membantu membersihkan semua kotoran yang menempel pada kaca maupun pada relnya. Tak hanya itu, penggunaan silicon spray juga berfungsi sebagai pelumas. 

3. Jaga Kondisi Karet Rel Kaca Tetap Lentur

Untuk mobil yang memiliki karet pada rel kacanya, pastikan kondisi karet tetap baik, lentur dan tidak getas. Karet yang getas akan menyebabkan kaca tersendat dan macet. Bahkan juga menyebabkan kaca tergores.

Cara merawatnya yaitu dengan membersihkan karet menggunakan shampo. Shampo dioleskan pada sekitar karet penjepit kaca mobil.

Kemudian, digerakan naik turun sampai shampo merata dengan sendirinya. Jangan menggunakan minyak untuk membersihkannya, karena minyak dapat mengundang debu menempel pada karet dan membuat getas lebih cepat.


Demikian cara mengatasi power window yang macet dan cara merawatnya. Perawatan yang baik dapat membuat kaca mobil Anda tidak mudah macet sehingga tak perlu mengeluarkan untuk pergantian part pada power window.