Bahaya Merokok Saat Berkendara Yang Perlu Anda Hindari!

Ruangojol.com - Merokok saat berkendara merupakan kebiasaan yang sangat buruk dan perlu di berhentikan kebiasaan tersebut.

Merokok saat berkendara sangat membahayakan bagi pengendara lainnya. Asap atau abu rokok dapat terkena pengendara lain.

dr. Agus Setyawan SpM yang merupakan pakar kesehatan mata menjelaskan, merokok sambil berkendara sangat merugikan diri maupun orang lain.



Dirinya juga mengatakan, selain asap rokok yang berbahaya, sisa abu rokok yang terbang juga dapat mengenai pengendara motor lain dan itu sangat berbahaya.

"Sering kali kita melihat ada pengguna sepeda motor maupun pengemudi kendaraan roda empat atau lebih yang merokok sambil berkendara,” ucap pakar kesehatan mata tersebut menjelaskan.

“Padahal, aktivitas merokok sambil berkendara dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain karena selain asap rokok yang berbahaya, abu rokok yang beterbangan dapat mengenai pengguna sepeda motor lainnya," katanya lagi, Selasa 4 Januari 2022, seperti dilaporkan Antara.

BACA JUGA
Tak hanya itu, dirinya juga menjelaskan peraturan terkait dengan larangan merokok sambil berkendara.

Larangan mengenai merokok terdapat dalam Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat, khusus Pasal 6 huruf c.

Adapun isi peraturan pada larangan tersebut yaitu: Pengemudi dilarang merokok dan melakukan aktivitas lain yang mengganggu konsentrasi ketika sedang mengendarai sepeda motor.


Nah, itu dia beberapa informasi mengenai bahayanya merokok saat berkendara. Jangan sampai Anda melakukan hal tersebut yah!