Jangan Sampai Salah Pilih! Berikut Cara Memilih Ban Bekas Layak Pakai Terbaru 2022

Jangan Sampai Salah Pilih! Berikut Cara Memilih Ban Bekas Layak Pakai
Ruangojol.com - Membeli ban bekas menjadi salah satu upaya bagi pemilik mobil atau motor yang hendak mengganti ban yang sudah rusak dengan harga terjangkau. Meski ban bekas memiliki harga lebih murah, namun Anda perlu waspada terhadap kondisi ban yang hendak di beli.

Jangan Sampai Salah Pilih! Berikut Cara Memilih Ban Bekas Layak Pakai

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan bila ingin membeli ban bekas. Dengan mengetahui tips ini, Anda dapat terhindar dari mendapatkan ban bekas yang memang memiliki kondisi tidak layak pakai.

Berikut tips memilih ban bekas yang bagus dan terhindar dari ban tidak layak pakai.

BACA JUGA

Memilih Ban Bekas Layak Pakai

Untuk mendapatkan ban bekas layak pakai, Anda dapat mengetahui bagaimana memilihnya dengan tepat. Berikut cara memilih ban bekas layak pakai:

1. Periksa Umur Ban

Mendapatkan ban bekas yang layak pakai bisa Anda lakukan dengan memeriksa umur ban tersebut.

Pastikan umur ban tersebut tidak terlalu lama dari tahun pembuatan. Ban yang sudah tua dapat mudah berisiko cepat bocor sehingga membuat ban tersebut tidak layak pakai.

Umur dari sebuah ban yaitu 5 tahun dari tanggal pembuatan, jadi pastikan Anda tidak membeli ban bekas yang sudah melewati dari 5 tahun.

2. Periksa Fisik Ban

Setelah memeriksa umur ban bekas, Anda perlu memeriksa kondisi fisik ban tersebut. Pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui apakah ada cacat seperti benjolan atau lubang pada ban tersebut.

Selain itu, pastikan ban tersebut masih original dan memiliki kembangan aslinya dengan tanpa sudah divukasinir (ban yang sudah diberi kembangan baru). 

Disarankan untuk tidak membeli ban bekas yang sudah divulkanisir karena sangat membahayakan pengendara bila ban tersebut digunakan.

3. Perhatikan Merek Ban

Walaupun Anda membeli ban bekas, Anda perlu memperhatikan merek ban tersebut. Karena produk yang bagus selalu berhubungan dengan kualitas ban meskipun bekas. 

Disarankan untuk membeli ban bekas yang memiliki merek-merek terkenal karena sudah dipastikan kebagusannya.

4. Cek Harga Ban Bekas

Meskipun membeli ban bekas, Anda perlu mengetahui harga ban tersebut guna terhindar dari pedagang nakal yang menjual ban bekas namun mahal.

Bila menemukan ban bekas yang bagus namun murah, janganlah langsung membeli ban tersebut. Pastikan Anda memeriksa kondisi ban tersebut terlebih dahulu untuk terhindar dari pembelian yang tidak diinginkan.

BACA JUGA
Pembelian ban bekas memang sangat tidak disarankan, selain dapat membahayakan pengguna. Pembelian ban bekas juga dapat membahayakan pengendara lain. Karena itu, cara memilih ban bekas yang bagus dan terhindar dari ban tidak layak pakai bisa meminimalisir pembelian ban yang tidak diinginkan.
© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain