Penyebab Indikator Bensin Motor Rusak

Ruangojol.com - Indikator bensin menjadi hal utama untuk mengetahui seberapa banyak bensin pada kendaraan Anda. Melihat indikator bensin tidak berfungsi kadang membuat kita jengkel karena harus membuka jok motor untuk mengetahui berapa banyak bensin pada motor. 


Indikator bensin pada motor terbagi menjadi dua macam, yaitu model analog dan digital. Pada umumnya, kerusakan yang terjadi pada indikator bensin yang analog adalah jarum bensin yang tidak kunjung turun maupun naik saat diisi bensin. Sedangkan untuk indikator bensin digital terkadang hanya berkedip saja atau tidak menunjukan sama sekali indikatornya.

BACA JUGA

Supaya tidak ribet untuk harus selalu membuka jok dan memeriksa bensin secara langsung. Cara mengetahui apa saja penyebab indikator bensin motor tidak berfungsi akan membantu Anda. 

1. Periksa Fuel Sensor

Pertama kali yang dapat Anda periksa adalah fuel sensor motor Anda. Fuel sensor yang rusak menjadi penyebab yang sering terjadi di berbagai kasus untuk kerusakan pada indikator bensin.

Pada kasus ini, Anda dapat melakukan pemeriksaan apakah fuel sensor berfungsi atau tidak. Bila memang rusak, gantilah fuel sensor yang sesuai supaya awet dan tidak terjadi kendala lainnya.

Namun, bila saat pemeriksaan fuel sensornya normal. Anda dapat melakukan pemeriksaan lainnya.

2. Pelampung Bensin

Selanjutnya, yang dapat Anda periksa yaitu pelampung yang berada di tangki motor Anda. 

Pemeriksaan ini dapat Anda lakukan dengan mudah yaitu menggunakan kabel yang dihubungkan langsung ke pelampung. Jika indikator bensin bergerak, maka kondisi pelampung dipastikan bermasalah. Namun, bila tidak bergerak maka pelampung belum tentu rusak dan dapat diperiksa menggunakan AVO meter untuk memeriksa rangkaian komponen.

Disarankan untuk mengganti pelampung saja dari pada harus diperbaikan, sebab harga pelampung motor masih dapat dengan harga yang terjangkau.

3. Periksa Kelistrikan

Terkadang, kelistrikan pada motor dapat menyebabkan indikator bensin tak dapat berfungsi karena kabel yang putus maupun rusak. 

Pemeriksaan ini bisa Anda lakukan dengan ahlinya ke bengkel. Kabel yang banyak dan rumit dapat menyebabkan Anda salah nantinya.

4. Aki yang Lemah

Aki yang lemah tentunya dapat menyebabkan indikator bensin tak berfungsi. 

Pada umumnya aki yang lemah membuat kelistrikan pada motor Anda menjadi tidak normal. Sehingga pemeriksaan ini bisa lakukan untuk mengetahui kerusakan pada indikator bensin.

5. Speedometer Tak Berfungsi

Bila Anda telah melakukan semua pemeriksaan dan tidak menemukan masalah. Maka, Anda perlu memeriksa speedometer motor Anda.

Speedometer memiliki banyak komponen kelistrikan sehingga dapat terjadi kerusakan. Kerusakan yang terjadi biasanya adalah konslet sehingga membuat speedometer tak berfungsi.

Pemeriksaan ini dapat dilakukan dengan konsultasi ke bengkel supaya dapat diperbaiki namun pada umumnya speedometer yang rusak tak mudah untuk diperbaiki.

BACA JUGA: 4 Komponen yang Perlu Anda Periksa saat Servis CVT Motor Matic

Demikianlah beberapa cara mengetahui penyebab apa saja penyebab indikator bensin rusak. Pastikan indikator bensin Anda berjalan normal untuk menghindari mogok di jalan karena kehabisan bensin.