Ketahui Penyebab Ban Tubeless Sering Bocor dan Cara Mengatasinya Terbaru 2022

Ruangojol.com - Ketahui penyebab ban tubeless sering bocor halus dan cara mengatasinya sebenarnya mudah untuk diketahui. Anda tidak perlu langsung pergi ke bengkel untuk melakukan perbaikan pada ban tubeless yang bocor.

Anda hanya memerlukan waktu, kemampuan, dan perlengkapan peralatan untuk mengatasi ban mobil Anda yang bocor halus.

Ada beberapa penyebab yang perlu Anda ketahui bila ban tubeless mobil Anda bocor. Berikut cara mengatasi ban tubeless yang sering bocor halus beserta cara mengatasinya.

Ketahui Penyebab Ban Tubeless Sering Bocor dan Cara Mengatasinya


Ketahui Penyebab Ban Tubless Sering Bocor Halus

Ban tubeless merupakan jenis bank yang memang lebih kuat dan tahan kebocoran daripada jenis ban yang lainnya. Namun, bukan berarti ban tubeless tidak bisa bocor. Ban tubeless tetap saja dapat mengalami kebocoran halus, apalagi bila kondisi ban yang sudah aus, ada masalah pada pentil ban, dan masalah pada sambungan ban dengan velg. 

1. Ban Tubeless Sudah Aus

Penyebab pertama ban tubeless sering bocor halus adalah kondisi ban tubeless yang memang sudah aus ataupun usang. Ban yang sudah dipakai secara lama sudah dipastikan ban akan mengalami aus.

Dengan kondisi ban yang sudah aus dan menipis, maka peluang untuk terjadi bocor pada ban akan lebih mudah. Anda perlu memperhatikan kembali kondisi ban tubeless mobil untuk memastikan apakah ban sudah harus diganti atau masih bisa dipakai.

Bila kondisi ban tubeless masih layak pakai dan mengalami kebocoran, Anda dapat menambal bocor halus pada ban tersebut.

2. Masalah pada Pentil Ban

Penyebab selanjutnya bisa jadi pentil ban yang bermasalah, pentil memang sangat jarang diperhatikan oleh pemilik kendaraan. Padahal pentil ban bisa saja kendor dan mengakibatkan ban tubeless mobil Anda bocor. 

Seperti diketahui, pentil ban merupakan jalan masuknya tekanan angin, maka bila pentil ban kendor dapat menyebabkan ban tubeless kempes dan kehilangan angin yang berada didalamnya.

3. Kebocoran pada Sambungan Ban dan Velg

Faktor lain penyebab ban bocor bisa disebabkan oleh sambungan antara ban dengan velg. 

Sambungan ban dengan velg bisa saja kurang rapat dan perlu direkatkan kembali dengan rem, atau bisa saja ada penyok pada velg yang disebabkan benturan saat di jalan. Karena itu, bila ada rongga maka tentu saja angin pada ban akan keluar sehingga kempes.

BACA JUGA

Cara Mengatasi Ban Tubeless yang Bocor Halus

Bila sudah mengetahui penyebab ban tubeless sering bocor halus, maka sekarang Anda perlu mengetahui cara mengatasi ban tubeless yang bocor halus dengan ikuti cara di bawah ini.

1. Mencari Posisi Kebocoran Menggunakan Air Sabun

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencari sumber kebocoran dengan menggunakan air sabun. Penggunaan air sabun dapat mempermudah Anda untuk menemukan sumber kebocoran pada ban tubeless

Sebelum menggunakan air sabun, Anda perlu memompa ban mobil hingga penuh baru Anda dapat menggosokan ban dengan air sabun untuk menemukan sumber yang bocor. Anda akan melihat gelembung yang muncul dari sumber kebocoran.

2. Menandai Area yang Bocor

Setelah menemukan sumber kebocoran, Anda perlu menandainya supaya mudah untuk melakukan penambelan nanti. Anda dapat menggunakan sapu lidi atau benda tajam untuk menandai permukaan yang bocor. 

Bila sudah memberikan tanda pada sumber yang bocor, Anda dapat mencuci ban hingga bersih lalu lap sampai kering.

3. Melakukan Tambal dengan Metode Ban Cacing

Anda dapat melakukan penambalan dengan metode ban cacing ke area kebocoran. Metode ini dimulai dengan melebarkan lubang yang bocor dengan alat seperti pengait lalu memasukan karet penambal ke area lubang yang bocor.

Harga karet penambal atau string tubeless sangat terjangkau dan mudah didapatkan. Penggunaan string tubeless juga dapat tahan lama bisa sampai 4 hingga 6 bulan. Perlu diingat, penambalan menggunakan metode ban cacing hanya bersifat sementara, Anda perlu segera membawa ban yang bocor ke bengkel yang tepat untuk ditangani.


Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan bila ban mobil kesayangan Anda mengalami bocor halus. Mengetahui penyebab ban tubeless sering bocor halus dan cara mengatasinya bisa membantu Anda saat kondisi tidak bisa ke bengkel.