Ketahui Penyebab Wiper Mobil Rusak serta Cara Mengatasinya Terbaru

Ketahui Penyebab Wiper Mobil Rusak serta Cara Mengatasinya
Ruangojol.com - Wiper pada mobil berfungsi untuk menyapu air yang ada pada kaca depan mobil maupun kaca belakang. Terkadang, sebagai pemilik kendaraan menganggap fungsi wiper sangat sepele. 

Namun bila wiper mengalami kerusakan, hal itu akan mengganggu kenyamanan serta keamanan saat berkendara, terutama saat berkendara ditengah hujan.

Ada beberapa hal yang menyebabkan wiper mobil rusak. Seperti karet wiper yang sudah aus, gerakannya lambat bahkan tidak bergerak sama sekali. Hal tersebut sangat mengganggu kita sebagai pengendara mobil.

Ketahui Penyebab Wiper Mobil Rusak serta Cara Mengatasinya

Untuk itu, Anda perlu mengetahui penyebab wiper mobil rusak serta cara mengatasinya. Dilansir dari Auto2000, berikut caranya.

Ketahui Penyebab Wiper Mobil Rusak serta Cara Mengatasinya

Berikut ini merupakan cara mengetahui penyebab utama wiper mobil rusak dan bagaimana cara mengatasi supaya dapat berfungsi kembali.

1. Karet Wiper yang Sudah Aus

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah memeriksa kondisi karet pada wiper. Bila sudah aus atau mengeras, disarankan untuk Anda segera mengganti karet yang baru. 

Karet wiper yang sudah aus akan menyebabkan sapuan air pada kaca tidak merata dan parahnya lagi dapat membuat kaca mobil Anda baret. Karena itu, Anda dapat segera menggantinya dengan yang baru.

2. Gerakan Wiper yang Lambat

Pada umumnya, hal ini terjadi karena ada bagian dalam sistem penggerak wiper yang kotor. Bila hal ini terjadi biasanya akan berdampak pada arus listrik hingga membuat pergerakan wiper terhambat.

Cara ampuh yang bisa Anda lakukan adalah mencoba membersihkan tahanan koil pada wiper. Selain itu, penyebab wiper lambat bisa terjadi karena adanya karat di elemen wiper tersebut. Dengan begitu, membuat kinerja wiper tidak optimal dan sapuannya melambat.

3. Wiper Tidak Bergerak

Terkadang sebagai pemilik kendaraan khususnya kendaraan tua pasti mengalami wiper sama sekali tidak mau bergerak. Biasanya wiper tidak mau bergerak disebabkan oleh motor listrik yang sudah aus.

Cara untuk mengatasinya adalah mengganti motor listrik wiper dengan yang baru. Namun, beruntung bila hanya sekring yang bermasalah. Biaya yang dikeluarkan saat sekring putus tidak banyak seperti harus membeli motor listrik yang baru.

BACA JUGA

4. Dinamo Wiper Rusak

Dinamo wiper yang rusak biasanya terbakar karena arus listrik pada mobil Anda mengalami masalah. Satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan adalah mengganti dinamo wiper dengan yang baru.

5. Semburan Air dari Washer Kurang

Hal terakhir permasalahan pada wiper biasanya semburan air dari kepala washer yang berada di kap mobil tidak kuat, kecil, bahkan tak keluar air.

Biasanya hal ini tarjadi karena lubang di kepala washer yang tersumbat. Karena itu, Anda perlu membersihkannya dengan melepas tabung langsung campurkan pasir kerikil dan kocok-kocok hingga kotoran yang menempel di dinding tabung hilang. Pastikan Anda melakukannya berkali-kali supaya benar-benar bersih.


Nah itu dia beberapa penyebab wiper mobil rusak serta cara mengatasinya biar kembali normal. Jangan sampai karena wiper mobil rusak dapat mengganggu kenyamanan serta keamanan berkendara. 
© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain