Tips Membersihkan Dashboard Mobil Dengan Mudah Terbaru 2022

Ruangojol.com - Tips membersihkan dashboard mobil bisa Anda lakukan dengan mudah supaya tampilan interior Anda menjadi lebih bersih dan rapih.
Tips Membersihkan Dashboard Mobil Dengan Mudah

Jangan sampai kabin mobil kesayangan Anda kotor sehingga menjadi tidak nyaman saat berkendara. 

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan dashboard mobil hingga bersih. Berikut tips membersihkan dashboard mobil dengan mudah.

Tips Membersihkan Dashboard Mobil

Membersihkan dashboard mobil memang mudah dilakukan, namun Anda perlu teliti melakukannya karena pada dashboard mobil ada sela-sela kecil yang perlu Anda perhatikan. Adapun peralatan yang digunakan bisa menggunakan produk pembersih khusus maupun peralatan yang sering ditemukan di rumah. Berikut tips membersihkan dashboard mobil dengan mudah.

1. Alat Penyedot Debu

Penyedot debu bisa menjadi salah satu peralatan untuk membersih dashboard mobil Anda. Alat ini berbentuk cukup kecil sehingga dapat membersihkan debu di dashboard mobil Anda dengan mudah. 

Penyedot debu berfungsi mengisap debu-debu hingga kotoran yang berada di dashboard sehingga dapat membersihkan dengan cepat dan mudah.

2. Interior Cleaner

Interior cleaner merupakan pembersih paling ampuh dibandingan yang lain. Anda hanya meratakan interior cleaner di seluruh bagian dashboard. Lalu diamkan selama 15 menit supaya cairan tersebut bekerja dengan maksimal. Bila sudah, Anda dapat melakukan proses pembersihan dengan menggunakan kain microfiber atau kanebo.

Lakukan secara berulang untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Disarankan untuk Anda menggunakan interior cleaner yang berbahan water base.

3. Sikat Berbulu Halus

Alat pembersih selanjutnya adalah sikat berbulu halus. Anda dapat menggunakan alat ini untuk menjangkau bagian yang sulit dijangkau oleh tangan sekaligus menghilangkan debu pada sela-sela. 

Dengan menggunakan sikat berbulu halus, dashboard mobil Anda tidak akan lecet saat pembersihan.

BACA JUGA

4. Tisu Basah atau Tisu Bayi

Menggunakan tisa basah atau tisu bayi bisa Anda lakukan untuk membersihkan dashboard mobil Anda. Anda tinggal mengusapkan tisu ke bagian dashboard yang kotor secara rutin.

Dengan kelembabab yang ada di dalam tisu bayi dapat membantu membersihkan dashboard secara efektif dibandingkan menggunakan kain kering.

5. Baking Soda

Baking soda bisa juga menjadi alat pembersih dashboard mobil Anda. Penggunaannya yaitu dengan menuangkan seperempat cangkir baking soda ke botol berukuran besar. Setelah itu, tambahkan seperempat cangkir cairan cuci piring yang Anda miliki di rumah. Selanjutnya Anda tinggal mengocok botol tersebut supaya kedua bahan tercampur dengan rata.

Bila sudah tercampur sempurna, Anda tinggal membersihkan dashboard mobil dengan menuangkan secara perlahan dan gunakan lap untuk membersihkannya.

6. Pasta Gigi

Bahan terakhir yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan dashboard mobil kesayangan Anda adalah menggunakan pasta gigi. Penggunaan pasta gigi bisa Anda oleskan ke bagian dashboard secara merata. Lalu, gosokkan pasta gigi dengan kain yang lembut.

Namun perlu Anda ketahui, penggunaan pasta gigi memang dapat membantu membersihkan dashboar mobil, namun bahan pemutih yang ada dapat merusak dashboard Anda. Jadi disarankan untuk Anda penggunaan pasta gigi hanya bila Anda memiliki ini untuk pembersihan.


Itulah beberapa tips membersihkan dashboard mobil dengan mudah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Menjaga kebersihan mobil bisa membuat Anda nyaman berkendara.