Mau Beli Pulsa & Token Listrik Murah? Klik Disini!

Jangan Sampai Salah Pilih! Berikut Cara Memilih Bahan Bakar yang Sesuai Untuk Mesin Anda

Jangan Sampai Salah Pilih! Berikut Cara Memilih Bahan Bakar yang Sesuai Untuk Mesin Anda
Ruangojol.com - Memilih Bahan Bakar Minyak (BBM) tidak boleh asal pilih untuk kendaraan kesayangan Anda. Pemilihan BBM harus sesuai dengan jenis mesin kendaraan Anda supaya dapat memperpanjang umur mesin.

Penggunaan BBM yang asal pilih dapat menyebabkan mesin kendaraan menjadi ngempos, bahkan hingga tak bertenaga.

Pemilihan BBM harus melihat berdasarkan angka oktan atau biasa disebut juga sebagai research octane number (RON). Pemilihan BBM yang sesuai RON akan menghasilkan pembakaran yang baik di ruang mesin.

Jangan Sampai Salah Pilih! Berikut Cara Memilih Bahan Bakar yang Sesuai Untuk Mesin Anda

Sebagai pemilik kendaraan Anda perlu mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk memilih BBM dengan akan RON yang sesuai. 

Untuk Anda yang masih bingung memilih BBM yang sesuai tak perlu khawatir, Ruangojol.com akan membagikan informasinya kepada Anda cara memilih BBM dengan angka RON yang tepat untuk kendaraan Anda.

Cara Memilih BBM dengan Anka RON yang Tepat Untuk Kendaraan

Perlu diketahui, setiap kendaraan memiliki jenis mesin yang berbeda baik itu sepeda motor maupun mobil. Pemilihan BBM yang tepat berdasarkan angka RON dapat membantu Anda membuat mesin kendaraan menjadi lebih awet dan tidak cepat rusak.

1. Bahan Bakar Oktan 90

BBM yang memiliki oktan atau RON 90 dapat digunakan untuk jenis kendaraan dengan rasio kompresi mesin 9:1 hingga 10:1.

Kualitas pada jenis BBM ini tergolong cukup baik untuk keperluan sehari-hari. Selain itu, jenis BBM oktan 90 saat ini merupakan jenis BBM yang memiliki harga jual paling terjangkau.

2. Bahan Bakar Oktan 92

Jenis BBM ini memiliki kualitas lebih unggul dari BBM yang memiliki oktan atau RON 90. Kadar oktan atau RON 92 dapat membuat proses pembakaran mesin jadi lebih sempurna serta memiliki kemampuan untuk membantu membersihkan residu karbon pembakaran di dalam mesin.

Adapun jenis BBM ini digunakan kepada mesin yang memiliki rasio kompresi 10:1 hingga 11:1. Penggunaan BBM jenis ini dapat membuat performa mesin lebih baik, awet, dan konsumsi bahan bakar lebih efisien.

BACA JUGA

3. Bahan Bakar Oktan 95

Selanjutnya ada BBM yang memiliki oktan atau RON 95, BBM jenis ini dapat digunakan untuk mesin yang memiliki rasio kompresi lebih tinggi seperti 11:1 hingga 12:1. 

BBM dengan oktan 95 dapat mengurangi endapan residu karbon dengan baik. Karena itu, BBM jenis ini dapat mampu mendorong kinerja mesin untuk mendapatkan performa lebih tinggi, efisien, dan dapat mengurangi gesekan guna memperkecil energi yang terbuang akibat panas. 

Meskipun memiliki kualitas yang baik, BBM jenis ini memiliki harga yang lebih tinggi dari jenis BBM sebelumnya.

4. Bahan Bakar Oktan 98

Jenis BBM yang terkakhir adalah BBM yang memiliki oktan atau RON 98, Bahan bakar ini merupakan hasil perkembangan teknologi mutakhir sehingga cocok untuk jenis mesin yang memiliki performa tinggi.

Kemampuan dalam memberikan efisiensi dan perlindungan komponen mesin sangat diperlukan oleh mesin dengan rasio mesin tinggi yaitu 13:1. 

Sudah tentu jenis BBM ini memiliki harga yang terpaut jauh dibandingkan jenis BBM lainnya


Penggunaan jenis BBM yang sesuai dengan angka oktan atau RON dapat membantu Anda merawat mesin kendaraan Anda supaya lebih awet. Namun, disarankan untuk Anda memilih BBM yang sesuai dengan rasio mesin kendaraan supaya terhindar dari gejala fuel dilution, dimana BBM tidak terbakar seluruhnya.
© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain