Mau Beli Pulsa & Token Listrik Murah? Klik Disini!

Tips Hemat Bahan Bakar saat Berpergian Menggunakan Sepeda Motor

Tips Hemat Bahan Bakar saat Berpergian Menggunakan Sepeda Motor
Ruangojol.com - Berpergian menggunakan sepeda motor merupakan salah satu kebiasaan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Mengendarai motor ke mana saja memang memberikan beragam keunggulan. Pengendara dapat menempuh berbagai medan dan rintangan lebih mudah, seperti melewati jalan sempit hingga berjalan di saat mobil harus terkena macet.

Menggunakan sepeda motor memang saat ini merupakan menjadi salah kendaraan yang sangat efektif bila Anda ingin berpergian. Namun, penggunaan sepeda motor yang efektif tersebut menggunakan bahan bakar. Lalu bagaimana biar Anda dapat berpergian menggunakan sepeda motor namun dengan bahan bakar yang irit?

Setidaknya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan supaya dapat berpergian dengan konsumsi bahan bakar yang lebih irit, dengan begitu Anda tak perlu mengeluarkan uang banyak untuk membeli bahan bakar.


BACA JUGA

Tips Hemat Bahan Bakar saat Berpergian Menggunakan Sepeda Motor

Berkendara dengan mengirit bahan bakar bisa membuat Anda tak perlu mengeluarkan uang banyak. Untuk mengirit bahan bakar setidaknya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, berikut tips selengkapnya.

1. Berkendara dalam Kecepatan Konstan

Berkendara dalam kecepatan konstan dapat membuat penggunaan bahan bakar tidak terbuang sia-sia. 

Kecepatan konstan yang dimaksud adalah saat berkendara Anda tidak asal main meningkatkan kecepatan atau merendahkan kecepatan secara mendadak. Bila itu Anda lakukan, Anda hanya menyebabkan bensin boros dan memperburuk kinerja mesin.

Dengan berkendara dengan kecepatan konstan atau kata lain stabil, Anda dapat menghemat pengeluaran bahan bakar dan membuat umur mesin menjadi lebih awet.

2. Menggunakan Bahan Bakar Oktan Tinggi

Cara lain supaya bahan bakar irit adalah Anda dapat menggunakan bahan bakar beroktan tinggi supaya kompresi mesin motor dapat lebih hemat.

Pilihan bahan bakar beroktan tinggi adalah bahan bakar oktan 92 yang bisa membuat sistem pembakaran mesin lebih sempurna dan efektif.

Selain menghemat bahan bakar, penggunaan bahar bakar beroktan tinggi juga dapat membuat mensin kendaraan terasa lebih ringan karena tidak adanya kerak sisa pembakaran bensin atau residu.

3. Sesuaikan Kapasitas

Perlu diketahui, setiap kendaraan pasti memiliki daya berat maksimal. Karena itu Anda perlu mengetahui berapa berat maksimal yang bisa di tampung oleh kendaraan.

Usahakan tidak membawa barang yang melebihi kapasitas atau daya angkut motor, karena dengan begitu Anda dapat menghemat bahan bakar.

4. Jangan Memanaskan Motor Terlalu Lama

Saat ingin berpergian, sebaiknya memang Anda perlu memanaskan motor terlebih dahulu. Namun, saat memanaskan motor sebaiknya jangan ditinggal terlalu lama.

Disarankan untuk memanaskan motor cukup dalam waktu 3-5 menit supaya menghemat bahan bakar dan menjaga komponen motor tetap tahan lama.

5. Jangan Berkendara saat Ban Kempes atau Kurang Angin

Ban yang kurang angin atau kempes dapat membuat berkendara menjadi berat dan Anda perlu menambah tarikan gas motor. Dengan begitu bahan bakar yang dikeluarkan akan lebih banyak dari biasanya.

Karena itu, pastikan bahwa kondisi ban sudah dalam tekanan angin yang cukup sehingga dapat menghemat bahan bakar.


Nah itu dia beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk menghemat bahan bakar saat berpergian menggunakan sepeda motor. Jangan sampai Anda mengeluarkan uang berlebih ketika berpergian yah!
© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain