5 Komponen Yang Wajib Diperhatikan Pada Vespa Matic Ketika Musim Hujan

Pakai vespa matic ? hati-hati kalau berkendara saat hujan.. Kamu wajib menjaga 5 komponen ini di vespa matic saat musim hujan...

Komponen Yang Wajib Diperhatikan Pada Vespa Matic Ketika Musim Hujan - Setiap pengemudi disarankan untuk lebih perhatian kepada kesehatan motornya terutama pada saat musim penghujan. Hal ini juga perlu dilakukan oleh para pemilik vespa matic untuk menghindari water hammer.

5-komponen-penting-pada-vespa-matic-yang-waiib-dijaga

Water hammer sendiri adalah kondisi dimana air berlebih yang masuk kedalam ruang pada mesin pembakaran motor. Apa bila hal seperti ini terjadi maka akan menyebabkan masalah dan berisiko sangat fatal bagi mesin motor.

Pasalnya water hammer sendiri dapat terjadi apabila pemilik kendaraan memaksakan diri untuk menerobos banjir dengan motornya. Bagi pengguna skuter, pada umumnya ada sejumlah resiko saat Kamu nekat menerobos banjir saat hujan.

Untuk itu mari simak untuk mengantisipasi hal tersebut mari Kita cari tahu komponen apa saja yang harus dicek pada motor matic sebagai tips mencegah watter hammer di vespa matic. Beriku ini penjelasannya...

1. Filter Udara

Bagian filter udara, komponen pertama yang mesti Kamu cek pada vespa matic adalah filter udara.

Filter udara sendiri memiliki fungsi untuk menyaring kotoran terutama pada saat melewati genangan air, filter udara pada umumnya tidak boleh terkena air secara berlebihan.

2. Knalpot

Kemudian komponen selanjutnya adalah knalpot pada vespa matic, Kamu sebaiknya mengecek bagian ini. Karena jika knalpot kemasukan air maka hal tersebut dapat menghambat pembuangan terutama pada motor matic.

Selain itu juga knalpot yang kemasukan air dapat menjadi pengendapan emisi sehingga bagian dalam knalpot akan menyimpan banyak plakat kotor.

Baca Juga :

3. CVT

Ada baiknya juga jika Kamu melakukan pengecekan terhadap komponen continously variable transmission atau CVT

Apabila kompenen ini kemasukan air, maka kinerja drive pulley dan driven pulley bakal terganggu, sehingga tenaga yang dihasilkan motor tidak terkirim ke rantai roda.

4. Oli Mesin

Ketika oli sudah bercampur dengan air, maka secara otomatis bakal merusak daleman mesin Vespa matik

Jika air sudah masuk ke ruang oli, maka diharuskan untuk Kamu mengganti oli mesin. Apabila oli tercampur dengan air maka secara otomatis oli akan terkontaminasi dengan zat yang lebih mudah cair.

Pada saat itu juga pembakaran pada oli akan semakin menjadi, suhu motor biasanya akan meningkat drastis dan bisa saja mesin menjadi down karena over heat dan pelumas yang bermasalah.

Untuk mengetahui apakah oli sudah bercampur dengan air, maka Anda bisa kunjungi bengkel terdekat.

5. Karburator

Komponen selanjutnya yang harus Kamu periksa adalah karburator pada motor vespa matic. Pasal nya bagian karbu motor ini memiliki fungsi sebagai kontak listrik dari aki/baterai motor menuju ke mesin sehingga motor dapat menyala.

Biasanya motor yang terendam banjir akan membuat kemungkinan merembas hingga karburator sehingga karbu atau busi kotor. Hal ini dapat menyebabkan motor sulit menyala walaupun di starter dan juga di selah sekalipun.

Nah itu dia beberapa hal yang perlu Kamu periksa ketika mengendarai motor vespa matic saat hujan agar tidak terkena water hammer. Hal-hal di atas patut Kamu pahami sebelum dapat terjadi pada vespa matic Kamu terutama bagi yang belum tahu bagaimana cara perawatan vespa matic.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain