5 Hal yang Perlu Diperhatikan bagi Pemilik Sepeda Motor saat Memasuki Musim Hujan

5 hal penting yang perlu Kamu ketahui saat mengendarai motor di musim hujan, simak beberapa diantaranya...

Ruangojol.com - Berikut ini merupakan tips yang perlu Anda lakukan bagi pemilik kendaraan sepeda motor saat memasuki musim hujan. Perlu diketahui, pemilik atau pengendara sepeda motor harus memberi perhatian ekstra untuk kendaraannya agar tidak mudah rusak saat terkena air hujan.

Mengingat kandungan zat asam pada air hujan bisa membuat komponen sepeda motor Anda rusak lho.

5-hal-penting-saat-berkendara-di-musim-hujan

Jadi buat Anda yang tidak ingin sepeda motornya cepat rusak saat memasuki musim hujan tak perlu khawatir, karena kami akan membagikan tipsnya kepada Anda.

Berikut lima hal yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan perwatan sepeda motor di musim hujan.

1. Jangan Biarkan Air Hujan Menempel di Sepeda Motor

Hal pertama yang perlu Anda lakukan agar sepeda motormu tidak cepat rusak seusai hujan-hujanan adalah dengan membilasnya dengan air biasa.

Hal ini dilakukan untuk menghindari proses korosi karena adanya zat asam yang terkandung di dalam air hujan.

Baca Juga :

Namun perlu Anda perhatikan, pastikan tidak menggunakan semprotan air dengan tekanan tinggi saat membilas sepeda motor agar menghindari kisi-kisi pendingin radiator rusak.

Lebih baik lagi bila Anda langsung mencuci sepeda motor sehabis hujan-hujanan agar sepeda motor bersih secara keseluruhan.

2. Periksa Komponen Pengereman

Selanjutnya adalah memeriksa komponen pengereman pada sepeda motor milik Anda. Pasalnya, bila Anda membiarkan air hujan pada komponen rem seperti cakram atau kampas rem bisa membuat rem milik Anda macet atau keset.

Yah bila Anda mendengar seperti suara tikus saat mengerem bisa dipastikan komponen rem Anda sudah korosi karena terkena air hujan.

Jadi pastikan, Anda wajib melakukan pemeriksaan terhadap komponen rem seperti bersihkan dari air hujan atau kotoran yang menempel.

Pemeriksaan ini bisa Anda lakukan mulai dari tuas, kabel hingga ke bagian kampas rem. 

3. Cek Tekanan Angin pada Ban

Sebelum melakukan perjalanan pastikan Anda memeriksa terlebih dahulu tekanan angin pada ban sepeda motor Anda. Terlebih saat hujan turun, pastikan tekanan angin telah sesuai dengan ketentuan motor Anda.

Adapun tekanan angin ban sepeda motor yang direkomendasikan berkisar antara 29 psi untuk depan, sedangkan untuk ban belakan adalah 33 psi.

Periksa tekanan angin adalah hal yang perlu Anda lakukan agar kenyamanan dan keselamatan berkendara. Karena bila tekanan angin tidak sesuai bisa membuat berkendara tidak nyaman dan parahnya bisa membuat Anda tergelincir saat hujan turun.

Jadi pastikan Anda periksa terlebih dahulu tekanan angin pada ban agar tidak ingin sepeda motormu rusak karena terjatuh ataupun yang lainnya.

4. Cek Busi dan Tutup Busi Motor

Nah hal yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah memeriksa busi dan tutup (kop) busi sebelum melakukan perjalanan.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah masuknya air ke lubang busi.

Jadi pastikan busi dan kop busi dalam kondisi baik agar proses pengapian tak terganggu atau terhambat karena rembesan air.

5. Cek Rantai Sepeda Motor

Tips yang terakhir ini diperuntukan untuk Anda yang memiliki sepeda motor ada rantainya seperti motor bebek ataupun motor kopling.

Kotoran yang menempel pada rantai saat hujan-hujanan akan berdampak pada pergerakan sepeda motor Anda. Jadi pastikan setelah hujan-hujanan langsung bersihkan rantai agar membuat komponen tersebut tahan lama dan tidak korosi.

Selain itu, Anda juga bisa langsung melumasi rantai setelah melakukan pembersihan agar rantai sepeda motor milik Anda makin awet dan nyaman saat dikendarai.

Namun ada hal yang perlu Anda perhatikan juga, kerenggangan rantai pada motor perlu disesuaikan. Jangan terlalu kencang dan jangan terlalu kendur. 

Karena hal tersebut bisa membua rantai dan gir mudah aus dan mengakibatkan rantai terlepas. Pastikan Anda telah menstel ukuran rantai sepeda motor dengan jarak 2 cm.

Itu dia sejumlah tips yang bisa kami berikan ke Anda untuk mengatasi sepeda motor tidak cepat rusak saat memasuki musim hujan.

Pastikan Anda telah memberikan perawatan yang terbaik kepada sepeda motor kesayangannya agar bisa nyaman saat berkendara.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain