Ini Dia 6 Tips yang Bisa Anda Lakukan Setelah Melakukan Perjalanan Jauh Menggunakan Sepeda Motor

Tips yang dapat Kamu lakukan saat berkendara jauh menggunakan motor, berikut ini diantaranya...

Tips yang Bisa Anda Lakukan Setelah Melakukan Perjalanan Jauh Dengan Motor - Berkendara jauh atau touring menggunakan sepeda motor merupakan kegiatan yang disenangi oleh sebagian orang. Namun bagi Anda yang suka melakukan perjalanan jauh perlu perhatikan sejumlah tips di bawah ini agar kendaraan kesayangan Anda tetap prima saat digunakan.

Berikut adalah tips dari kami untuk Anda yang senang touring agar sepeda motornya tetap nyaman digunakan dan tidak mudah rusak selepas bepergian jauh.

6-tips-saat-berkendara-jauh-dengan-motor

1. Mencuci Sepeda Motor

Setelah melakukan perjalanan jauh dipastikan kendaraan Anda akan dipenuhi oleh debu dan kotoran yang menumpuk di body maupun bagian-bagian yang sulit digapai pada sepeda motor Anda.

Mencuci sepeda motor selepas touring menjadi perawatan yang mudah agar sepeda motor Anda tetap awet dan nyaman digunakan.

Tentu hal ini dilakukan untuk merontokan kotoran-kotoran yang menempel agar tidak merusak komponen seperti rantai, pengereman dan tentu mesin.

Pastikan Anda membersihkan sepeda motor secara menyuluruh agar tidak ada kotoran yang tersisa dan membuat berkendara tidak nyaman.

2. Mengganti Oli

Selain mencuci sepeda motor, mengganti oli mesin menjadi cara untuk merawat sepeda motor Anda. 

Tentu mengganti oli mesin tidak boleh sembarangan, Anda direkomendasikan melakukan pergantian oli setiap 4.000 km atau sesuai dengan jadwal yang ada pada buku service.

Selain itu Anda juga bisa mengganti oli gear untuk pengendara sepeda motor matic. Hal tersebut dilakukan agar pergerakan roda belakang bisa lancar tanpa hambatan.

Pergantian oli ini tentu untuk menjaga performa sepeda motor Anda tetap prima.

Baca Juga :

3. Periksa Filter Udara

Hal yang perlu Anda perhatikan lainnya setelah melakukan perjalanan jauh adalah memeriksa filter udara. Karena, filter udara akan banyak menyedot kotoran atau debu saat melakukan perjalanan jauh.

Kondisi filter udara yang kotor akan membuat motor menjadi tidak bertenaga dan boros bahan bakar.

Pastikan Anda melakukan perawatan atau pergantian secara berkala agar mesin bekerja maksimal dengan bersihnya filter udara.

4. Periksa Busi

Busi perlu Anda periksa setelah melakukan perjalanan 4.000 km dan wajib diganti setelah 8.000 km perjalanan. 

Dengan begitu, melakukan pemeriksaan terhadap busi seusai perjalanan jauh merupakan hal yang perlu Anda lakukan agar sepeda motor bisa lebih awet dan nyaman digunakan.

5. Pastikan Rem Berfungsi dengan Baik

Setelah melakukan perjalanan jauh tentu penggunaan rem akan lebih digunakan dibandingkan saat berkendara biasa. Hal tersebut membuat sejumlah komponen pada pengereman bisa saja perlu diganti seperti kanvas rem yang telah menipis.

Karena itu, Anda perlu perhatikan komponen rem baik dari minyak rem, kanvas, cakram, handle dan lainnya berfungsi dengan baik agar sepeda motor Anda saat digunakan selanjutnya bisa aman.

Namun bila kondisi komponen pada rem dalam kondisi bagus, sebaiknya Anda melakukan pembersihan saja agar bisa berfungsi dengan maksimal.

6. Periksa Rantai Motor

Tips selanjutnya adalah periksalah rantai atau CVT untuk motor sepeda matic apakah dalam kondisi baik atau tidak.

Pasalnya setelah berkendara jauh tentu komponen ini akan bekerja keras sehingga ada kemungkinan bisa terkikis dan perlu diganti. 

Jadi pastikan komponen tersebut dalam kondisi baik agar tidak membahayakan pengendara saat sepeda motor hendak digunakan kedepannya.

7. Periksa Kondisi Ban

Terakhir adalah memeriksa kondisi ban. Pastikan ban dalam kondisi baik seusai melakukan perjalanan jauh. 

Namun sudah botak, segeralah ganti ban dengan yang baru agar berkendara tetap aman. Karena ban yang botak bisa membuat pengendara ekstra hati-hati karena tentu akan berisiko tinggi.

Pengendara bisa saja terjatuh karena licin atau ban pecah saat berkendara. Dengan begitu, periksalah ban terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan kembali.

Nah itu dia sejumlah tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat sepeda motor Anda setelah melakukan perjalanan jauh.

Pastikan bila ada pergantian komponen perlu diganti dengan yang original dan sesuai sepeda motor Anda.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain