Jangan Sampai Salah Beli! Berikut Cara Memilih Velg Mobil Bekas Terbaru 2022

Ruangojol.comCara memilih velg mobil perlu diketahui bagi para pemilik kendaraan. Memilih velg bekas menjadi salah satu pilihan untuk mendapatkan harga yang murah. Namun, Anda perlu teliti saat memilih velg mobil bekas. 


Pada saat memilih velg bekas, Anda perlu memperhatikan dengan teliti untuk mendapatkan velg bekas dengan kualitas yang bagus. Sebaiknya, Anda mengetahui riwayat velg yang ingin dibeli. Karena dengan mengetahui riwayat penggunaannya, tentu Anda dapat untuk mempertimbangkan membelinya.

BACA JUGA
Cara memilih velg mobil yang bisa Anda beli di pasaran online maupun offline perlu Anda periksa kondisinya terlebih dahulu. Dikutip dari laman Suzuki.co.id, Berikut cara memilih velg mobil bekas yang perlu Anda ketahui:

1. Periksa Bagian Bibir Velg

Perhatikan bawah bibir velg bekas tidak memiliki benjolan, peyang ataupun pecah. Caranya yaitu dengan menaruh velg di atas kaca. Bila terdapat bagian yang bergelombang atau pernah diperbaiki, maka tampak celah salah satu kaca dengan velg.

Velg bekas dipasaran bisa saja tidak presisi seperti velg baru. Namun, bila ada benjolan pada velg yang masih bisa ditoleransi, Anda bisa mengatasi dengan menggunakan mesin press di bengkel.

2. Pastikan Lubang Baut (PCD) Sesuai Standar

Selanjutnya, Anda dapat memeriksa bagian lubang baut. Pastikan bahwa lubang baut pada velg bekas memiliki standar ukuran pabrik.

Hindari pembelian pada velg mobil bekas yang sudah dimodifikasi. Hal itu, dikarenakan velg yang telah dimodifikasi memiliki jarak lubang baut yang tidak standar.

3. Pastikan Ukuran Sesuai

Pada saat memilih velg bekas, pastikan velg telah sesuai dengan kendaraan Anda. 

Memilih velg mobil bekas dengan ukuran diameter di atas 2 inci dari ukuran standar sangat berbahahaya untuk kebutuhan harian. Risiko velg pecah berbanding lurus dengan diameter velg. 

Velg yang memiliki diameter semakin besar dari standarnya, semakin tinggi risiko pecah.

4. Perhatikan Cat Pada Velg

Perhatikan cat pada velg yang ingin Anda beli, pastika warna catnya masih sesuai dengan aslinya. Namun, bila velg telah dicat, pastikan warnanya merata dan cocok dengan warna asli. 

Biasanya, velg yang telah dicat ulang itu untuk menutupi velg telah pecah atau hanya ingin dicat ulang saja supaya velg tetap bagus. Tentunya, bila velg yang sudah pernah pecah dan dimodifikasi sangat berbahaya bagi penggunanya.

5. Periksa Garis-garis Bekas Bubutan

Bila Anda menemukan garis-garis bekas bubutan pada velg, janganlah Anda beli velg tersebut. Garis tersebut menandakan velg pernah peyang atau bengkok. 

Velg peyang atau bengkok memang bisa di atasi dengan teknik bubut. Setiap proses bubutan tentu meninggalkan garis-garis pada velg.

6. Cek Logo Velg

Logo pada velg merupakan salah satu ciri khas pada velg dengan kualitas dan spesifikasinya. Logo pada velg bisa menjadi pertimbangan karena bila logo timbul pada velg mengalami kerusakan, maka bisa saja velg tersebut sudah pernah direparasi.

Selain logo timbul rusak, memeriksa logo pada velg bisa juga untuk memastikan keaslian ataupun jenis velg tersebut.


Pastikan Anda memilih velg bekas dengan cermat untuk terhindar dari bahaya saat berkendara. Velg bekas yang sudah reparasi sangat berbahaya digunakan. Cara memilih velg mobil bekas dapat membantu Anda menemukan velg yang sesuai.