Kenali Ciri-Ciri Kiprok Motor Rusak | Jangan Sampai Motor Anda Mati di Jalan!

Kenali Ciri-Ciri Kiprok Motor Rusak | Jangan Sampai Motor Anda Mati di Jalan!
Ruangojol.com - Kiprok merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam mengendalikan arus listrik yang dihasilkan oleh spul. 

Ketika spul bekerja dengan baik, makan kiprok pun juga harus menjalankan tugasnya dengan sempurna. Untuk mengetahui apakah kiprok bekerja sempurna atau tidak? Anda perlu memperhatikan ciri-ciri kiprok rusak di artikel kali ini supaya dapat ditanggulangi secepatnya.

Kiprok yang sudah tidak dapat bekerja secara optimal dapat mempengaruhi ke bagian aki motor. Aki motor akan menjadi cepat soak meskipun sudah diisi sampai penuh atau diganti dengan yang baru. 

Kenali Ciri-Ciri Kiprok Motor Rusak

Karena itu, Anda perlu mengetahui ciri-ciri kiprok rusak dan harus segera ditangani supaya tidak merusak komponen lainnya.

BACA JUGA

Ketahui Ciri-Ciri Kiprok Rusak

Pada kasus ini, Anda perlu benar-benar mengetahui kondisi kiprok yang akan rusak. Kiprok yang rusak akan mempengaruhi komponen listrik lainnya sehingga akan menyebabkan berbagai kerusakan. Dengan begitu, Anda perlu mengetahui ciri-ciri kiprok rusak supaya tidak merusak komponen lainnya.

1. Aki Motor Cepat Soak

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ciri-ciri kiprok rusak adalah aki motor akan lebih cepat rusak. Meskipun sudah diisi sampai penuh ataupun diganti dengan yang baru, aki motor akan cepat rusak bila kondisi kiprok rusak.

Aki yang cepat rusak dikarenakan tak ada komponen yang berkerja secara optimal dalam mengendalikan arus listrik untuk pengisian aki secara otomatis, sehingga aki akan cepat rusak.

2. Kendaraan yang Sering Mati Tiba-Tiba atau Tidak 'Langsam'

Ciri-ciri lainnya adalah motor tidak bisa 'langsam' saat digunakan atau sering cepat mati. Hal tersebut dikarenakan motor tidak mendapatkan pasokan listrik, sehingga terjadilah gagal fungsi dan menyebabkan motor mati tiba-tiba.

Hal seperti ini biasanya membuat motor menjadi mati mendadak dan mogok bahkan susah untuk dinyalakan kembali. Karena itu Anda perlu mengetahuinya terlebih dahulu kondisi kiprok rusak supaya tidak terjadi hal seperti itu.

3. Lampu Utama yang Sering Putus

Kiprok yang rusak akan menyebabkan lampu utama motor Anda sering putus meskipun sudah di ganti dengan yang baru. Lampu yang sering putus dikarenakan pasokan listrik yang diberikan tidak sesuai dengan kebutuhan. 

Dengan pasokan listrik yang tidak sesuai, bisa saja dapat mempengaruhi komponen lainnya.


Begitulah penjelasan mengenai ciri-ciri kiprok rusak yang perlu Anda ketahui. Jangan sampai komponen kelistrikan lainnya menjadi rusak karena kiprok motor Anda rusak. Segeralah menggantinya dengan yang baru supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain