Cara Mengatasi Shock Depan Motor Yang Suka Bunyi Saat Melewati Polisi Tidur

Cara mengatasi shock depan motor yang berbunyi jedag jedug, berikut ini penyebab shock depan motor bunyi...

Cara Mengatasi Shock Depan Motor Yang Suka Bunyi Saat Melewati Polisi Tidur - Pernah mengalami bagian depan motor yang berbunyi kasar saat melewati polisi tidur atau lubang jalan ?

Jika iya maka, motor Kamu sedang tidak baik-baik saja.. suara keras seperti jedag jedug pada bagian depan motor atau tepatnya shock depan motor tempat memompa daya tekanan seperti halnya per bagian belakang motor.

cara-mengatasi-shock-depan-motor-yang-berbunyi

Fungsi shock depan motor sendiri untuk menahan daya tekanan apabila terjadi guncangan pada jalan yang tidak rata ataupun menahan berat badan si pengendara motor.

Jika terjadi hal seperti diatas, yaitu shock berbunyi keras atau seperti besi bertabrakan maka ada yang tidak beres pada shock depan motor Kamu.

Apa Penyebab Shock Depan Motor Berbunyi Keras ?

Biasanya bunyi pada shock depan diakibatkan cairan oli atau pelumas sudah mulai habis atau mengering.

Dapat juga diakibatkan ring shock bagian dalam longgar sehingga cairan keluar merembas dan membuatnya tidak dapat menahan daya tekanan sehingga beradu dengan logam penahan.

Baca Juga :

Hal-hal seperti ini dapat disebabkan karena pembokaran yang tidak benar pada saat service motor di bengkel sehingga membuat bagian shock depan motor jadi longgar atau membuat pelumas merembas keluar dari dalam shock.

Lalu apa ada cara memperbaikinya ? simak caranya berikut ini.

1. Isi Ulang Pelumas Shock Motor

Melakukan isi ulang pelumas untuk shock depan motor dapat membuat kinerja shock depan motor kembali seperti semula.

Namun perhatikan pada saat pengisian dan penutupan kembali pastikan semuanya tertutup dengan rapat.

2. Mengganti Ring Shock

Mengganti ring shock adalah salah satu cara mengatasi shock depan motor yang berbunyi. Biasanya ring ini dapat patah atau bengkok sehingga Kita perlu menggantinya dengan yang baru.

Ring shock ini di pasang dengan karet dalam shock motor, dengan posisi yang rapat agar oli tidak mengalami perembasan.

3. Mengganti Karet Shock Motor

Seperti halnya ring, karet dalam shock motor juga dapat longgar atau putus akibat gesekan terus menerus saat memompa daya tekanan. 

Kamu dapat menggantinya di bengkel motor atau tempat layanan service kendaraan.

4. Mengganti Pipa Shock

Pipa shock atau dua logam yang di pakai untuk bagian depan motor ini dapat terkikis seiring berjalannya waktu, bisa gompal atau somplak.

Dengan permukaan logam yang tidak rata dapat membuat cairan peluman shock depan motor keluar atau merembas.

5. Mengganti Sparepart Motor

Apabila dengan beberapa cara di atas belum dapat mengatasi shock depan motor Kamu yang berbunyi, Kamu dapat mengganti keseluruhan sparepart bagian depan motor dengan bawaan pabrik.

Sehingga Kamu akan memperoleh bagian sparepart baru seperti pas pertama kali beli motor.

Seperti itulah cara mengatasi shock depan motor yang berbunyi jedag jedug saat melewati polisi tidur atau jalan yang tidak rata. 

Shock yang berbunyi seperti terbentur memang biasa diakibatkan oleh bagian dalam shock yang sudah longgar, namun jika karena faktor usia shock itu diakibatkan oleh terkikisnya logam shock depan motor.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain