Kenali Ciri-ciri Ban Mobil Yang Harus Diganti, Berikut Ini Keriterianya !

Belum tahu kapan harus ganti bam mobil ? berikut ini adalah ciri-ciri ban mobil yang wajib diganti...

Ciri-ciri Ban Mobil Yang Harus Diganti - Sama seperti bagian pada mobil lainnya, ban mobil juga termasuk yang perlu di perhatikan. Jika telah waktunya untuk mengganti ban, maka Kamu perlu menggantinya dengan yang baru.

Ban mobil merupakan bagian dari mobil yang sanat penting. Selain untuk digunakan agar mobil dapat bergerak, ban mobil menjadi salah satu bagian yang menentukan keselamatan dan kenyamanan selagi berkendara.

ciri-ban-mobil-yang-harus-diganti

Karena bagian ban mobil ini sangat penting, maka mari Kita ketahui beberapa ciri ban mobil yang harus di ganti dengan ban baru. Simak dengan seksama berikut ini beberapa diantaranya..

1. Jarak Tempuh Terlampaui

Salah satu faktor yang membuat ban mobil harus di ganti ialah jika jarak tempuh sudah melampaui 40.000 Km. Jarak tempun lebih dari 40.000 Km biasanya dicapai setelah mobil berusia 2 sampai dengan 3 tahun dengan pemakaian normal, dimana rata-rata dalam setahun kendaraan dapat menempuh setidaknya 15.000 - 20.000 Km.

Ban mobil yang telah menempuh jarak 40.000 Km biasanya sudah mengalami keausan meskipun mungkin kelenturannya masih bagus, namun sebaiknya Kamu perlu cepat menggantinya.

2. Usia Ban Sudah 3 Tahun

Usia ban dapat membuatnya perlu diganti, umunya jika ban mobil sudah mencapai 2 tahun wajib untuk diganti dengan yang baru.

Namun, Kita juga melihat kondisi ini dengan melihat bagaimana kondisi ban saat ini apakah masih layak pakai atau tidaknya. Untuk menjaga keselamatan sebaiknya ganti ban mobil secara teratur walaupun ban masih nampak terlihat bagus.

Baca Juga :

3. Ban Sudah Botak

Ban yang sudah botak dapat membuat mobil tergelincir di jalan, hal ini disebabkan karena permukaan ban yang sudah botak dan membuat cengkraman ban dengan aspal atau jalana tidak lagi kuat.

Selain itu ban yang gundul ini biasanya lebih mudah bocor karena permukaan yang tipis, untuk itu jika Kamu melihat ban mobil Kamu sudah gundul sebaiknya cepat diganti.

4. Ketebalan Ban Sudah Mencapai Batas

Terdapat yang namanya Tread Wear Indicator atau TWI yaitu sebuah penanda dengan bentuk segitiga yang terdapat pada sebuah ban tentang batas akhir atau batas paling kecil tentang ketebalan sebuah ban.

Jika ban mobil Kamu telah mencapai atau melampaui batas TWI ini sebaiknya segera ganti ban mobil dengan yang baru karena TWI sendiri merupakan indikator layak atau tidaknya sebuah ban dalam waktu penggunaannya.

5. Benjolan Pada Ban

Jika terdapat benjolan atau ban berjendol pada bagian tertentu artinya terdapat masalah pada struktur ban mobil Kamu, biasanya disebabkan karena permukaan ban yang mulai menipis atau kepanasan karena penggunaan yang sudah lama.

Benjolan pada ban ini sangat berbahaya terlebih lagi dapat membuat ban rentan untuk meledak, sehingga dapat menyebabkan kecelakaan bagi penggunanya.

6. Ban Sering Di Tambal

Ciri-ciri ban mobil yang wajib diganti adalah ban mobil yang sudah sering kali ditambal karena bocor, hal ini dikarenakan ban yang sering ditambal artinya memiliki permukaan ban yang telah tidak baik lagi.

Misalnya ban mobil mudah sekali bocor menandakan pada saat itu juga ban luar mobil wajib segera diganti dengan yang baru.

Nah itulah beberapa ciri-ciri ban mobil saat harus diganti, sebenarnya fase yang paling ketara adalah saat dimana ban akan lebih mudah bocor. Pada fase ini juga artinya sudah menandakan Kamu wajib mengganti ban mobil dengan yang baru.


© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain