Penyebab dan Cara Mengatasi Speedometer Motor Mati

Kenapa speedometer motor mati ? simak berikut ini beberapa penyebab dan cara mengatasinya...

Penyebab dan Cara Mengatasi Speedometer Motor Mati - Speedometer adalah alat pengukur yang ada dibagian kepala motor, fungsinya sendiri untuk melihat kecepatan motor, melihat jarak kilometer, dan melihat status bensin motor.

Jika speedometer mati maka Kamu tidak dapat mengukur kecepatan saat berada dijalan raya, hal ini dapat menyebabkan kecelakaan dijalan raya apalagi bagi Kamu yang baru bisa mengendarai motor.

penyebab-dan-cara-mengatasi-speedometer-motor-yang-mati

Pada saat jarum jam atau angka pada speedometer motor tidak bergerak itu adalah tandanya speedometer mati atau tidak bisa berfungsi. Tanda lainnya adalah jika jarum dan angka menunjukan naik turun tidak jelas agau tidak beraturan.

Yang terpenting dari speedometer sendiri adalah untuk melihat kecepatan dan juga status bensin kendaraan. Bagaimana jika Kita tidak tahu bensin yang sudah mau habis atau belumnya pastinya akan menyusahkan Kita nantinya.

Nah, oleh karena itu mari Kita simak penyebab dan cara mengatasi speedometer yang mati pada motor.

1. Aki Soak

Aki soak atau rusak adalah salah satu penyebab speedometer motor mati, hal ini dikarenakan aki adalah pusat utama arus listrik atau sebagai baterai jantung motor.

Selain speedometer, jika aki motor soak juga dapat berdampak pada kinerja bagian motor lainnya seperti lampu mati, klakson tidak berbunyi, dan motor tidak bisa di starter.

Untuk mengatasinya sendiri Kamu perlu mengganti aki atau baterai motor dengan yang baru.

2. Kabel Speedometer Rusak

Kabel speedometer yang rusak dapat disebabkan oleh beberapa hal misalnya tertekuk atau tertarik pada saat membersihkan motor, kabel karat karena terkena air saat mencuci motor, dan yang terakhir karena usia kabel yang sudah cukup lama.

Dari sebagian besar kasus kabel speedometer yang rusak dikarenakan usia kabel yang sudah mulai tua atau usang.

Kabel yang usang perlu diganti agar kinerja speedometer motor dapat berfungsi sebagai mana mestinya.

Baca Juga :

3. Gear Box Rusak

Gear Box berfungsi untuk menyalurkan daya listrik dari satu mesin ke mesin lainnya setelah melalui aki agar setiap bagian motor dapat bekerja setelah menerima daya.

Apabila pemasangan gear box tidak pas misalnya setelah penggantian aki maka salah satu komponen pada motor atau beberapanya akan bermasalah.

Selain itu gear box yang pecah juga dapat menyebabkan komponen motor hampir tidak berfungsi total dan gear box yang aus atau gigi pads gear box yang sudah mulai mengecil.

4. Speedometer Rusak

Penyebab utama speedometer motor mati dapat disebabkan oleh speedometer yang rusak atau pada bagian itu sendiri.

Misalnya jarum speedometer macet, ada bagian speedometer yang pecah, dan per speedometer yang patah atau bisa juga karatan.

Hal ini akan membuat speedometer tidak sinkron dengan daya yang diberikan sehingga jarum tidak bergerak atau mati.

Untuk mengatasi ini Kita perlu mengganti sparepart atau speedometer baru ke pusat layanan sesuai merek motor Kamu.

Nah itulah beberapa penyebab speedometer motor mati dan cara mengatasinya. Speedometer adalah bagian paling penting dimotor yang fungsinya bukan hanya menavigasi pengguna melainkan sebagai pengingat untuk kecepatan, jarak, dan juga bahan bakar.

Untuk itu selalu pastikan speedometer Kamu berfungsi sebagaimana mestinya pada motor.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain