8 Masalah Yang Sering Terjadi Pada Mobil Matic

Masalah yang Perlu Anda Ketahui pada Mobil Matic - Mobil dengan transmisi matic menjadi kendaraan favorit bagi sejumlah kalangan khususnya perempuan. Mudah dan praktis menjadi alasan mobil transmisi matic banyak digemari oleh berbagai kalangan. 

Namun perlu Anda ketahui, kendaraan bertransmisi matic perlu dilakukan perawatan agar tetap nyaman saat dikendarai.

masalah-yang-sering-terjadi-pada-mobil-matic

Selain itu, perawatan pada mobil juga berguna agar komponen-komponen di mobil tetap awet dan tidak mudah rusak.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk mengetahui apakah mobil matic kesayangan Anda bermasalah atau tidak. Jadi sebelum makin parah, Anda bisa antisipasti terlebih dahulu.

Berikut 8 masalah yang kerap terjadi pada mobil matic yang perlu Anda ketahui.

1. Mobil Bergetar

Bila mobil yang biasa Anda kendarai muncul getaran secara tiba-tiba dan mengganggu kenyamanan berkendara. Itu bisa aja menunjukkan adanya masalah pada transmisi dan juga mesin mobil Anda.

Hal tersebut biasanya disebabkan oleh kondisi kampas kopling yang sudah aus sehingga terjadi gesekan pada kampas kopling.

Bila tanda getaran ini terjadi, maka segeralah lakukan pemeriksaan terhadap mobil kesayangan Anda agar kerusakan tersebut tidak merambat ke komponen lainnya.

Baca Juga :

2. Perpindahan Gigi Tidak Halus

Tanda-tanda mobil Anda bermasalah lainnya adalah terjadi hentakan ketika melakukan perpindahan gigi.

Hal tersebut menyebabkan setiap Anda ingin berpindah gigi pasti terasa tidak halus.

Bila Anda mengalami hal tersebut, sebaiknya lakukan pemeriksaan terhadap sistem kelistrikan. Karena bisa jadi penyebabnya dari hal tersebut.

3. Susah Mundur atau Gigi Mundur Macet

Permasalahan lainnya pada mobil matic adalah gigi mundur yang sering macet. Hal ini terjadi karena kerusakan pada komponen automatic mobil Anda.

Penyebab lainnya bisa saja terjadi karena tuas gigi yang telah rusak sehingga saat dipindahkan ke posisi R, mobil tetap tidak bisa mundur.

Kalau hal ini terjadi pada mobil Anda, pastikan Anda langsung melakukan servis karena permasalah tersebut bisa membahayakan Anda saat berkendara.

4. Ada Suara Mengganggu saat Posisi Netral

Bila Anda mendengarkan suara mengganggu saat mobil berada di posisi netral. Maka dipastikan hal tersebut disebabkan oleh bagian bearing dan input shaft yang haus.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa segera melakukan pergantian part atau komponen yang aus tersebut agar terhindar kerusakan yang lebih parah lagi.

Pergantian komponen tersebut terbilang sulit, jadi pastikan perbaikan dilakukan oleh mekanik terpercaya Anda.

5. Oli Transmisi Bocor

Penyebab terjadinya oli transmisi bocor ada beberapa hal. Diantaranya adalah oli jarang diganti, berkendara yang tidak sesuai standar, serta bisa jadi terjadi karena benturan usai kecelakaan.

Jangan biarkan oli transmisi pada mobil Anda terus-terusan dibiarkan bocor, segeralah lakukan perbaikan dan mengganti dengan oli yang baru agar tidak merusak komponen yang lainnya.

Terlebih oli transmisi merupakan pelumas yang menjaga seluruh komponen pada proses perpindahan gigi.

6. Tiba-tiba Mobil jadi Boros Bahan Bakar

Penggunaan bahan bakar pada mobil pasti akan sesuai dengan perbandingan pada mesin. Bila hal tersebut berbeda, maka ada masalah pada mesin Anda.

Biasanya mobil matic jadi lebih boros bahan bakar dikarenakan tenaga torsi mobil yang tidak tersalurkan dengan baik. Dengan begitu tenaga ke sistem penggerak akhir tidak bekerja dengan maksimal.

Jangan dibiarkan terlalu lama bila hal ini terjadi pada mobil kesayangan Anda. Pastikan Anda melakukan pemeriksaan pada mobil Anda agar kembali normal lagi.

7. Sulit Menanjak

Mobil matic memang terkenal mudah dikendarai, namun bila mobil Anda kesulitan untuk menanjak, bisa jadi ada permasalahan serius yang perlu Anda perbaiki.

Mobil kehilangan tenaga seperti ini biasanya diakibatkan oleh berbagai hal. Bisa jadi terjadi karena permasalah pada mesin atau karena mobil berlebih muatan. 

Bila permasalah pada mesin biasanya terjadi karena adanya kebocoran di ruang bakar atau rumah silinder yang bareng sehingga membuat mobil menjadi tidak bertenaga.

Hal tersebutlah yang perlu Anda perbaiki agar mobil Anda tidak menjadi rusak yang berlebih dan masalh bisa teratasi.

8. Terjadi Slip

Pada mobil matic, hal ini kerap terjadi dikarenakan sistem transmisi berjenis step T pindah gigi dari gigi  1 ke gigi 2. Namun untuk kendaraan yang menggunakan continously variable transmission biasa terjadi slip saat mobil sedang berjalan.

Bila hal ini terjadi, pastikan Anda lakukan pemeriksaan agar tidak terjadi yang membahayakan saat berkendara. Pastikan perbaikan dilakukan di bengkel kepercayaan Anda agar bisa diketahui masalahnya yang pasti.

Itulah beberapa masalah yang perlu Anda waspadai terhadap mobil matic. Bila Anda mengalami satu tanda di atas, sebaiknya segera melakukan perawatan agar tidak terjadi hal yang membuat komponen mobil makin rusak parah.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain