Penyebab dan Cara Mengatasi Knalpot Motor Ngebul Pekat

Penyebab dan cara mengatasi knalpot motor yang ngebul pekat, berikut ini beberapa penyebab knalpot motor ngebul pekat...

Penyebab dan Cara Mengatasi Knalpot Motor Ngebul Pekat - Memang jarang terjadi knalpot yang ngebul berlebihan pada motor.

Biasanya karena waktu pemakaian yang sudah lama membuat plakat pada bagian dalam knalpot dan juga mesin, terlebih lagi bagi motor yang jarang digunakan.

penyebab-dan-cara-mengatasi-knalpot-motor-yang-ngebul

Pengebulan pada knalpot biasa disebabkan karena masalah-masalah tertentu pada bagian motor. Hal ini juga berlaku untuk motor matic, untuk lebih jelasnya mari Kita simak apa sih penyebab dan cara mengatasi knalpot motor yang ngebul pekat.

1. Karbu Yang Kotor

Karburator motor yang kotor dapat menyebabkan asap knalpot menjadi ngebul pekat. Pasalnya karbu ini berfungsi sebagai kontak arus yang menghubungkan mesin dengan semua bagian motor baik starter, lampu, hingga knalpot.

Apabila karbu kotor biasanya mesin akan memaksakan acuannya untuk menyala sehingga knalpot akan mengeluarkan kotoran sehingga asap yang dihasilkanpun akan cukup tebal.

Selain itu kendala juga bukan hanya pada knalpot saja melaikan motor akan sering mogok karena karbu yang kotor.

2. Mesin Jarang Dipanaskan

Penyebab knalpot motor mengeluarkan asap yang pekat salah satunya karena mesin jarang dipanaskan.

Walaupun sebentar saja memanaskan mesin, ada fungsi yang harus Kamu ketahui dari motor yang dipanaskan yaitu agar oli tidak mudah mengental dan selalui tersirkulasi ke mesin motor.. terutama menghancurkan kotoran atau plakat pada bagian dalam mesin.

Baca Juga :

3. Besin Yang Tidak Cocok

Mungkin tidak selalu motor tertentu cocok dengan jenis bensin yang dianjurkan, contoh saja dulunya menggunakan premium dan sekarang yang ada hanya pertalite.

Hal ini dapat menyebabkan pembakaran yang tidak tepat sehingga asap yang dihasilkan knalpot lebih pekat padahal gak pakai solar.

Salah satu cara menanganinya ialah menggunakan bensin pertamax sesekali. Bbm pertamax sendiri memiliki fungsi membersihkan sama halnya seperti oli atau pelumas, walaupun penguapan bensin lebih cepat tapi fungsinya sangat baik bagi motor dan bisa membuat laju mesin makin halus.

4. Tidak Ganti Oli

Wah yang ini nih paling parah, kalau jarang ganti oli apa lagi sampai oli yang ada didalam motor sampai hitam.. sudah wajar saja jika knalpot motor menghasilkan asap yang pekat malah menghitam.

Sama halnya dengan istilah apa yang di keluarkan dihasilkan dari dalam, begitu juga asap knalpot motor yang bertumpu pada bagaimana bagian dalamnya bekerja.

5. Motor Jarang Digunakan

Ketika motor jarang digunakan Kita tidak dapat protes, jika saat jalan asap yang di hasilkan knalpot ngebul pekat.

Jika sudah jarang digunakan tentunya masalah pada motor sudah kompleks mulai dari jarang ganti oli, jarang memanaskan motor, dan sebagainya.

6. Dalam Knalpot Yang Kotor

Biasanya bagian dalam knalpot dapat kotor dalam penggunaan waktu yang lama, karena produksi mesin akan dikeluarkan melalui knalpot motor.

Kotoran ini dapat berupa rembesan oli atau pengauapan bbm secara terus menerus hingga terdapat plakat yang menumpuk di knalpot motor.

Cara mengatasinya ialah dengan membongkar kenalpot dan membersihkan nya bisa di rumah ataupun melalui bengkel terdekat.

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi knalpot motor yang ngebul pekat, inti dari hal ini adalah bagaimana cara Kamu merawat motor sehingga tidak menimbulkan gejala yang tidak wajar.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain