Penyebab dan Cara Mengatasi Ban Motor Yang Sering Bocor Padahal Sudah Ditambal

Penyebab dan cara mengatasi ban motor yang bocor terus menerus padahal sudah ditambal, berikut ini penyebab dan cara mengatasinya...

Penyebab dan Cara Mengatasi Ban Motor Yang Sering Bocor Padahal Sudah Ditambal - Ban motor bocor sudah biasa.. namun bagaimana jika keterusan padahal sudah ditambal apa harus ganti baru ? eh jangan dulu ya..

Memang menjadi hal yang luar biasa saat ban motor bocor, lebih luar biasa saat dimana ban bocor.. Kita berada ditempat yang sepi dan jauh dari tempat tambal ban.

penyebab-dan-cara-mengatasi-ban-motor-bocor-terus-menerus

Pastinya kalian pun akan heran kenapa ban sudah ditambal bocor lagi, dan begitu berkelanjutan terus menerus. Oke sebab itu mari simak dan perhatikan penyebab dan cara mengatasi bocor terus menerus dibawah ini.

1. Ban Sobek

Mungkin Kamu belum pernah memperhatikan jika motor ditaruh ditempat panas dalam jangka yang lama ban dapat menguai dan terjadinya sobekan kecil pada ban.

Pada kasus lain bahkan ban meledak jika terlalu lama ditaruh ditempat atau area yang sangat panas.

Hindari memarkirkan motor ditempat yang panas, agar sewaktu-waktu Kamu tidak mengalami hal seperti ini.

Baca Juga :

2. Terdapat Banyak Paku

Ketelitian pada saat menambal ban sangat, diperlukan, paku yang menancap memang tidak akan menimbulkan curiga.. apalagi dengan posisi menancap yang rapat.

Pada saat menambal ban pastikan sudah memeriksa secara keseluruhan ban yang akan ditambal.

Caranya dengan memberikan atau menyiram air ke seluruh area permukaan ban, untuk melihat buih yang timbul dari area ban yang bocor.

3. Pelek Ban Penyok

Sudah nambal ban tapi bocor terus, aneh ya.. tapi bisa saja disebabkan pelek ban yang penyok, mengapa? 

Ketika pelek ban penyok, maka akan ada rongga keluarnya udara dari ban. Ini penyebab ban motor bocor terus padahal sudah ditambal, atau bisa disebut bocor halus.

Angin akan keluar perlahan-lahan ketika ada bagian rongga dari pelek ban yang penyok sehingga ban akan mengempis walaupun sudah di pompa angin.

4. Lupa Menutup Pentil Ban

Nah ini sih memang agak kelewatan, jikaKamu lupa menutup pentil ban. Walau terkadang suka aja yang nyuri pentil ban tapi jika motor tidak memiliki pentil, maka segeralah beli yang baru.

Pentil ban berfungsi untuk mengunci keluarnya angin dari dalam ban setelah dipompa atau di isi, walaupun tanpa pentil ban tetap dapat dipakai untuk jalan.. akan tetapi tidak dapat bertahan lama dan angin akan keluar perlahan dari ban.

Setiap kali memompa ban jangan lupa periksa pentil apakah sudah ditutup atau belum untuk memastikan ban tidak akan kempis di waktu yang mendatang.

5. Ban Luar Sudah Tipis Atau Botak

Ban luar yang botak atau permukaan yang tipis karena waktu pemakaian dapat menjadi penyebab ban motor bocor terus menerus.

Pasalnya, permukaan ban luar yang tipis dapat lebih mudah bocor apalagi terkena gesekan waktu berkendara terlebih lagi terkena paku.

Jika hal ini Kamu alami, maka segera ganti ban baru agar bocor tidak terulang terus menerus karena sudah waktunya ganti ban luar.

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi ban motor yang bocor terus menerus, pada umumnya ban bocor lebih sering dialami ketika ban sudah tipis atau pelek yang penyok karena benturan.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain