Penyebab dan Cara Mengatasi Klakson Motor Yang Tidak Berbunyi

Penyebab dan cara mengatasi klakson motor yang tidak bunyi, simak beberapa penyebabnya berikut ini...

Penyebab dan Cara Mengatasi Klakson Motor Yang Tidak Berbunyi - Mungkin diluar sana hanya ada beberapa kategori orang yang mengalami masalah klakson motor yang tidak berbunyi.

Walau sepele, tapi kadang klakson sangat dibutuhkan ketika Kita mengendarai motor seperti pada saat malam hari, pada saat macet, pada saat memasuki atau keluar gang, danmasih banyak lagi.

penyebab-dan-cara-mengatasi-klakson-motor-tidak-bunyi

Fungsi klakson sendiri adalah untuk mengingatkan seseorang dari segala arah bahwa terdapat Kita yang sedang mengendarai motor, sehingga waktu mengemudi Kita selalu dalam keadaan aman tanpa hambatan.

Membunyikan klakson adalah cara yang tepat untuk memperingatkan seseorang pada saat berkendara baik motor ataupun mobil, dibandikan Kita harus teriak-teriak ataupun memaki.

Namun bagaimana jika klakson motor tidak berbunyi ? Pastinya ini begitu buruk bagi Kita pengendara motor yang identik dengan kendaraan yang tidak begitu besar, apa lagi Kita dikelilingi oleh mobil-mobil besar seperti pengangkut barang yang pastinya memiliki titik buta dimana tidak mengetahui posisi pengendara motor yang ada di samping atau di belakangnya.

Untuk itu klakson sangat berpengaruh bagi kemanan Kita saat berkendara dijalan. Lantasapa sih penyebab klakson motor tidak berbunyi atau hanya bersuara pelan? berikut ini jawabannya penyebab dan cara mengatasi klakson motor yang tidak bunyi.

1. Kabel Button Bermasalah

Kabel button adalah jalur yang menghubungkan antara tombol klakson dengan arus listrik agar klakson motor dapat menyala.

Apabila kabel button kendor, biasanya klakson akan sulit berbunyi bahkan suara tidak full sehingga menghasilkan suara yang begitu kecil bahkan tidak terdengar karena banyaknya suara kendaraan.

Cara mengatasinya adalah dengan membongkar bagian kontak klakson dan merapatkan kabel button klakson agar seperti semula.

2. Chip Button Yang Rusak

Pada tombol klakson terdapat chip interaktif agar button dan speaker klakson dapat terhubung.

Jika chip button rusak otomatis klakson tidak akan berbunyi, karena chip ini lah tempat dimana Kita menekan tombol klakson.

Untuk mengatasi ini Kita perlu mengganti chip button klakson dengan yang baru.. Kita dapat melakukan penggantian chip button yang baru di bengkel terdekat atau service center.

Baca Juga :

3. Speaker Klakson Pecah

Penggunaan motor dalam waktu yang lama akan membuat sparepart semakin rapuh baik cat, body, onderdil, dan lainnya.

Speaker klakson juga termasuk salah satunya, jika pecah atau ada bagian yang sobek akan membuat klakson bersuara kecil dan aneh bahkan tidak terdengar.

Satu-satunya cara adalah dengan mengganti speaker klakson dengan yang baru.

4. Aki Motor Lemah

Aki motor yang lemah biasa disebabkan oleh cairan aki yang mulai kering, kemudian juga dapat disebabkan karena jalur kontak yang tidak rapat.

Selain itu, masalah pada busi dan kabelnya juga dapat berpengaruh ke kinerja baterai atau aki motor sehingga menyebabkan fungsi tertentu seperti klakson tidak befungsi dengan baik.

Untuk mengatasi ini sebaiknya Kamu periksa sambungan kontak dari busi ke aki, lalu juga  cek apakah cairan aki sudah kering.

5. Oli Yang Usang

Lagi-lagi sedikit saja masalah pada motor dapat berdampak kesemua bagian motor termasuk klakson.

Oli yang usang ini adalah pelumas yang tak kunjung di ganti padahal sudah kental dan menghitam.

Oli sendiri mendukung kinerja mesin sehingga semua bagian motor dapat berfungsi dengan baik, jika oli tidak diganti akan sebaliknya.

Untuk cara mengatasinya cukup ganti oli dengan yang baru, lakukan ini rutin setiap 1 bulan sekali agar peforma motor dapat selalu energik.

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi klakson motor yang tidak bunyi, walaupun klakson merupakan bagian yang passif digunakan akan tetapi fungsinya berguma bagi keselamatan pengendara.. untuk itu pastikan klakson motor Kamu berfungsi dengan semestinya.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain