Mau Beli Pulsa & Token Listrik Murah? Klik Disini!

Hindari Risiko Cedera Berlebih, Berikut Teknik Jatuh dari Motor yang Tepat bila Terjadi Kecelakaan

Teknik Jatuh dari Motor yang Tepat bila Terjadi Kecelakaan
Ruangojol.com - Berkendara di jalan raya dengan menggunakan sepeda motor pasti ada sejumlah risiko yang perlu Anda ketahui. Salah satu risiko berkendara sepeda motor adalah terjatuh saat berkendara.

Bahkan pengendara hebat pun yang ikut kejuaraan pasti pernah mengalami jatuh di sirkuit. Dengan begitu, untuk menghindari risiko cidera berlebih, Anda perlu mengetahui teknik jatuh dari motor yang aman.

Berkendara menggunakan sepeda motor sudah pasti Anda perlu menggunakan perlengkapan wajib seperti helm dan pelindung lainnya seperti sarung tangan, jaket, dan menggunakan celana panjang. Namun bagaimana bila memang terjadi kecelakaan dan Anda tidak bisa menghindarinya? Setidaknya menjatuhkan diri dengan tepat bisa menghindari Anda dari kecelakaan parah dan melindungi diri.


BACA JUGA

Tips Aman Jatuh dari Sepeda Motor

Dengan mengikuti tips di bawah ini, setidaknya Anda akan lebih aman bila terjatuh dari sepeda motor saat berkendara dan terhindar dari cidera yang berlebih.

1. Melepaskan Diri dari Sepeda Motor

Bila terjadi kecelakaan dan mengharuskan Anda terjatuh sebaiknya Anda melepaskan sepeda motor yang dikendarai.

Bila Anda terjatuh dan memaksakan diri memegang sepeda motor Anda malah akan menyebabkan bahaya yang lebih tinggi. Bisa saja Anda beriko tertimpa, terhantam, hingga mengalami luka bakar jika sepeda motor terbakar.

Selain itu, dengan melapaskan diri dari sepeda motor akan memberikan kesempatan kepada Anda untuk berguling menghindari risiko yang lebih parah.

2. Berguling ke Sisi Kiri Jalan

Jatuh dengan posisi berguling sebaiknya itu dilakukan untuk mengurangi efek dari benturan terhadap permukaan jalan.

Saat berguling, pastikan tangan Anda dilipat di bagian dada dengan posisi melingkari tubuh. Lalu saat berguling, menuduklah dengan dagu menempel pada dada.

Berguling lah dengan tumpuan bahu bagian belakang demi mengurangi dampak yang lebih buruh terhadap tubuh. Lakukan berguling ke sisi kiri jalan supaya terhindari dari pengendara lain yang lebih aktif disebelah sisi kanan.

3. Jangan Langsung Berdiri

Bila Anda sudah terjatuh dan melakukan berguling, sebaiknya Anda jangan langsung berdiri. Diamlah sejenak sambil coba melakukan gerakan pada tangan dan kaki untuk melakukan konfirmasi pada tubuh, apakah ada yang terkilir atau patah.

Hal itu dilakukan supaya menghindari cideri yang lebih parah.

4. Langsung ke Rumah Sakit

Selepas terjadi kecelakaan dan Anda sudah selamat dengan melakukan berguling ke sisi kiri jalan. Sebaiknya Anda langsung minta di antar ke rumah sakit demi memeriksa lebih detail dan mendapatkan tindakan medis lebih lanjut bila terjadi sesuatu pada tubuh Anda.


Itulah beberapa cara aman yang bisa Anda lakukan bila terjatuh dari motor saat berkendara. Pastikan Anda mengikuti petunjuk di atas supaya terhindar dari cidera yang berlebih.
© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain