Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Yang Ngadat Saat Di Gass

Penyebab dan cara mengatasi gas motor yang ngadat atau pending, simak langkah-langkah berikut ini...

Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Yang Ngadat Saat Di Gas - Mungkin pernah Kita alami, pas lagi nyalain motor terus mulai tarik gas tapi tidak tahu mengapa pas di gass rasanya ngadat atau gas motornya pending.

Hal ini menyebabkan pada saat menarik charge gas, motor melaju pending atau ngadat. Yang dimana biasanya saat Kita melakukan gas motor berjalan halus tidak ngeden atau majunya pending.

penyebab-dan-cara-mengatasi-gas-motor-yang-ngadat

Nah, hal ini cukup berbahaya jika terjadi terus menerus apalagi saat Kita berpergian dengan motor sedang dalam keadaan macet.

Terlebih lagi, jika Kamu ingin menanjak di jalan yang cukup curam sewaktu-waktu mesin bisa mati atau motor berhenti secara tiba-tiba di pertengahan tanjakan. Untuk itu segera ketahui alasan mengapa gas motor ini menjadi pending atau ngadat.

Baca Juga :

Lantas apa penyebab gas motor pending atau ngadat ini ? Simak beberapa penyebab dan cara mengatasinya dibawah ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Gas Motor Pending Atau Ngadat

1. Periksa Karburator Motor

Biasanya pedal gas motor yang tidak sinkron dengan mesin atau gasnya ngadat dapat disebabkan karburator atau karbu motor yang kotor ataupun basah.

Kamu bisa mencabut karburator motor kemudian lihat pada ujung kontaknya, jika kotor silahkan bersihkan dan juga pastikan dalam keadaan kering. Hal ini juga biasa terjadi apabila motor melewati genangan air sehingga masuk kedalam karburator.

2. Periksa Cairan Aki Motor

Aki motor disebut sebagai jantung nya mesin, diaman bagian aki ini berfungsi mengalirkan arus listrik rendah untuk dapat menjalankan atau menghidupkan motor.

Apabila cairan pada aki motor sudah kering maka Kamu wajib menggantinya, hal ini juga yang menyebabkan gas motor menjadi lola atau ngadat.

3. Periksa Oli Motor

Oli atau pelumas adalah salah satu faktor yang menunjukan peforma mesin, jika pelumas bermasalah.. otomatis juga kinerja mesin motor bermasalah.

Periksa apakah saat ini waktunya ganti oli atau tidak, biasanya oli motor yang wajib diganti pada saat warnanya sudah keruh menghitam.

4. Pedal Gas Longgar

Salah satu penyebab gas motor yang ngadat bisa disebabkan oleh pedal yang longgar, mungkin pernah jatuh atau pemakaian yang tidak wajar sehingga konsumsi gas yang tidak semestinya.

Untuk mengatasi hal ini maka pedal gas motor perlu dibongkar, baik ke bengkel motor atau ke service center kendaraannya.

5. Silinder Mesin Yang Patah Di Bagian Dalam

Penyebab terakhir yang mengakibatkan gas motor menjadi pending ialah karena silinder yang rusak atau patah didalam. Hal ini menyebabkan pemompaan mesin menjadi tidak rapat sehingga daya tekanan mesin menjadi berkurang.

Biasanya karena oli yang sudah menguap ataupun karena pernah mengalami kecelakaan, untuk mengatasinya sendiri Kamu perlu mengganti mesin silinder dengan yang baru walau harganya mungkin cukup mahal.

Penyebab yang paling umum mengapa gas motor menjadi ngadat atau pending biasanya karena faktor aki. Namun, Kamu bisa memeriksa lebih lanjut apabila cara tersebut belum teratasi.

Seperti itulah penyebab dan cara mengatasi gas motor yang ngadat atau pending. Sebaiknya segera periksakan ke bengkel untuk antisipasi awal karena hal ini berhubungan dengan kedelamatan perjalanan.


© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain