6 Komponen Sepeda Motor yang Perlu Dirawat Agar Penggunaan BBM Jadi Irit

Ingin bensin motor selalu irit ? lakukan perawatan rutin pada 6 komponen motor ini...

Komponen Motor yang Perlu Dirawat Agar Penggunaan BBM Jadi Irit - Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) tentu membuat sejumlah pengendara mencari cara agar sepeda motornya menjadi irit dan tidak mengeluarkan uang berlebih untuk pembelian BBM.

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar sepeda motor bisa irit penggunaan bahan bakarnya. Diantaranya yaitu melakukan perawatan pada sejumlah komponen sepeda motor,

6-komponen-motor-yang-berpengaruh-pada-bensin

Berikut enam komponen sepeda motor yang perlu Anda perhatikan agar kendaraan kesayangan Anda bisa irit bahan bakar dan tidak boros penggunaannya.

1. Busi Motor

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah busi. Pastikan busi pada sepeda motor Anda selalu dalam kondisi baik dan optimal agar proses pembakaran di ruang bakar berjalan baik.

Karena bila pembakaran dapat berjalan baik maka tenaga yang dihasilkan bisa membuat bahan bakar tidak terbuang sia-sia.

Namun sebaliknya bila busi sepeda motor Anda dalam kondisi tidak baik. Pembakaran akan tidak maksimal dan membuat adanya kotoran pada ruang bakar.

Hal tersebut membuat bahan bakar terbuang sia-sia karena ruang bakar harus bekerja lebih ekstra.

Baca Juga :

2. Filter Fuel Pump

Selanjutnya adalah memerika filter fuel pump atau filter bensin. Yah benar hal ini perlu Anda periksa bahkan diganti secara rutin sesuai penggunaannya. 

Melakukan perawatan seperti membersihkan atau mengganti filter fuel pump yang baru bisa membuat proses aliran bahan bakar ke ruang bakar tetap sempurna dan sesuai dengan kebutuhan mesin. 

Perawatan itu membuat kinerja mesin optimal karena menerima asupan bahan bakar yang sesuai.

Namun bila filter fuel pump tidak terawat maka kotoran yang menempel pada filter tersebut bisa menghambat aliran bahan bakar ke ruang bakar. 

Tentu hal tersebut membuat proses pembakaran akan terganggu dan tenaga yang dihasilkan mesin akan berkurang.

3. Injektor

Injektor menjadi salah satu komponen penting yang perlu diperhatikan agar sepeda motor kesayangan Anda bisa irit bahan bakar.

Pastikan Anda melakukan servis secara berkala ke bengkel kesayangan Anda atau bengkel resmi agar injektor tetap dalam kondisi baik. 

Karena injektor ini berfungsi untuk proses pengkabutan bahan bakar di ruang bakar agar tetap sempurna sehingga tak ada bahan bakar yang terbuang sia-sia.

4. Filter Udara

Tidak berbeda dengan filter fuel pump. Filter udara juga perlu dirawat dan diganti sesuai jangka waktu penggunaan.

Bila filter udara dalam kondisi bersih dan baik akan membuat aliran udara segar ke ruang bakar akan optimal dan membuat proses pembakaran tetap sempurna.

Namu sebaliknya, bila filter udara dalam keadaan kotor maka akan menghambat aliran udara ke ruang bakar. 

Hal tersebut membuat ruang bakar kekurangan asupan udara dan akan mengganggu proses pembakaran. 

Karena proses pembakaran terganggu makan mesin jadi tak bertenaga dan nantinya akan merusak ke komponen lainnya.

5. Rantai atau CVT

Nah merawat rantai atau CVT juga perlu Anda perhatikan agar motor tidak boros bahan bakar. Rantai atau CVT sendiri berfungsi untuk mentransfer tenaga dari mesin ke roda sehingga kendaraan bisa berjalan.

Jadi bila komponen tersebut tidak dirawat maka akan menyebabkan pergerakan tidak maksimal dan membuat penggunaan bahan bakar berlebih.

Rantai atau CVT yang dalam kondisi tidak baik nantinya bisa menghambat proses transfer tenaga dari mesin ke roda belakang. Akibatnya performa mesin akan menurun dan penggunaan bahan bakar akan menjadi lebih boros.

6. Ban Motor

Terakhir yang bisa membuat sepeda motor Anda irit bensin adalah tekanan angin pada ban yang telah sesuai.

Mengingat bila tekanan angin pada motor Anda kurang, maka mesin akan bekerja lebih keras untuk menggerakan motor yang sedang Anda gunakan nantinya.

Selain itu, tekanan angin pada ban yang sesuai ini juga membuat Anda lebih nyaman berkendara dan tentu membuat penggunaan bahan bakar lebih irit.

Itu dia enam komponen sepeda motor yang perlu Anda perhatikan bila ingin kendaraannya irit di saat BBM sedang mahal.

Pastikan Anda selalu memeriksa komponen yang lainnya agar berkendara tetap nyaman dan aman agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain