Penyebab dan Cara Mengatasi Lampu Motor Yang Redup Tidak Terang

Penyebab dan cara mengatasi lampu motor yang redup atau tidak terang, simak berikut ini adalah beberapa penyebabnya...

Penyebab dan Cara Mengatasi Lampu Motor Yang Redup Tidak Terang - Hampir banyak orang mengalami masalah lampu motor yang tidak terang atau redup.

Hal ini biasanya dapat mudah dilihat pada saat berkendara dimalam hari, yang dimana lampu motor berfungsi untuk menerangi jalan akan tetapi lampunya malah tidak terang seperti mau redup.

penyebab-dan-cara-mengatasi-lampu-motor-redup

Mungkin Kita akan merasa hal ini bukan merupakan masalah di siang hari, akan tetapi akan sangat beresiko jika Kita berkendara di malam hari jika lampu motor baik lampu jauh ataupun lampu jarak dekat redup.

Terlebih lagi melewati jalan sepi, kemudian melewati jalan besar yang sangat ramai kendaraan dapat berpotensi kecelakaan jika lawan arah Kamu tidak melihat kalau ada motor yang sedang melaju lantaran lampunya redup.

Lantas apa sih penyebab lampu motor redup ? nah bagi yang awam bisa simak dibawah ini penyebab dan cara mengatasi lampu motor yang tidak terang atau redup.

1. Bohlam Lampu Tidak SNI

Lampu atau bohlam penerangan motor yang tidak sesuai standar watt keluaran pabrik biasanya lebih mudah redup atau mudah rusak.

Standarnya kapasitas watt untuk bohlam lampu motor adalah 24 watt ke atas. Jika lebih tinggi harus menyesuaikan tegangan atau tenaga yang dihasilkan motor.

Jika motor memiliki aki yang lemah maka lampu dengan watt tinggi juga tidak dapat terang.

Baca Juga :

2. Mika Lampu Motor Buram

Mika lampu atau reflektor lampu motor yang buram juga dapat menyebabkan lampu nampak tidak terang.

Biasanya motor yang sudah lama digunakan akan terdapat banyak goresan terutama dibagian depan motor tepatnya pada reflektor atau mika lampu motor.

Untuk mengatasinya Kamu dapat mengganti mika lampu motor yang baru dengan membelinya melalui pusat layanan tempat merek motor Kamu berasal atau dapat membelinya secara online dan sesuaikan dengan type motor.

3. Kontak Lampu Yang Kendor

Kontak atau tempat pemasangan lampu perlu diperhatikan betul, pada saat mengganti lampu dengan yang baru belum tentu pas dengan standar motor.

Untuk hal ini Kamu dapat melihatnya dengan ciri-ciri penerangan lampu yang tidak stabil atau goyang pada saat dibawa jalan.

Cara mengatasinya yaitu dengan membongkar mika lampu kemudian merapatkan kontak lampu agar kuat menempel pada stop kontaknya.

4. Aki Motor Lemah

Seperti yang dijelaskan sedikit diatas, jika aki motor lemah maka lampu juga tidak terang.

Aki atau baterai motor sendiri merupakan tempat menyimpan arus listrik sehingga jika aki lemah maka kinerja motor juga akan ada yang bermasalah.. dapat terlihat jelas jika lampunya redup.

Selain itu penggunaan lampu dengan watt tinggi sedangkan aki lemah juga membuat penerangan tidak sinkron karena ketidakcocokan.

5. Belum Isi Ulang Aki

Aki sendiri memiliki cairan tersendiri sebagai supplay tenaganya, biasa Kita sebut dengan air aki.

Jika air aki kering maka, otomatis kinerja aki semakin lemah dan membuat pencahayaan lampu motor juga redup.

Untuk mengatasinya cukup isi ulang air aki di bengkel terdekat, jika Kamu memiliki kemampuan teknis dapat mengisi ulangnya dirumah.

Sampai sini Kamu sudah mengetahui alasan kenapa lampu motor redup atau tidak terang. Melakukan service rutin pada motor juga dapat menjaga kinerja motor selalu dalam kondisi terbaik.

Lampu motor yang redup dapat disebabkan aki motor yang lemah atau bohlam lampu yang watt nya tidak cocok.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain