Tips Merawat Kabin Mobil Agar Tetap Bersih dan Nyaman

Perhatikan beberapa hal berikut jika ingin kabin mobil Kamu tetap bersih dan nyaman...

Tips Merawat Kabin Mobil Tetap Bersih dan Nyaman - Kabin mobil yang bersih dan terawat akan membuat pengendara dan penumpang menjadi nyaman sepanjan perjalanan, apalagi bila melakukan perjalanan yang jauh dan memakan waktu yang lama.

Karenanya, merawat kebersih kabin mobil menjadi hal yang utama bagi Anda yang ingin tetap nyaman saat berkendara. Terlebih bila memang mobil Anda diperuntukan untuk membawa penumpang.

tips-merawat-kabin-mobil

Merawat kabil mobil sebenarnya tidak sulit. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar kabin mobil terlihat bersih dan nyaman saat digunakan.

Berikut ini kami telah rangkum hal yang bisa Anda lakukan agar kabin mobil tetap bersih.

Tips Menjaga Kabin Mobil Tetap Bersih

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat melakukan pembersihan pada kabin mobil

Diantaranya yaitu seperti karpet, dashboard dan jok mobil. Hal tersebut paling utama terlihat saat Anda masuk ke dalam mobil.

Berikut tips agar kabin mobil Anda tetap bersih dan nyaman saat digunakan.

1. Bersihkan Karpet

Karpet mobil merupakan bagian yang langsung terkena alas kaki baik pengemudi ataupun penumpang. Mulai dari sisa-sisa tanah dan debu dari alas kaki atau bahkan remah-remah makanan bisa saja ada di karpet mobil.

Karena hal tersebut, membersihkan karpet mobil bisa menjadi hal yang utama bila ingin kabil tetap bersih dan nyaman.

Anda bisa mencucinya dengan mengeluarkan karpet terlebih dahulu dan dibilas dengan air yang mengalir. Bila ada noda yang membandel, Anda bisa sikat secara langsung karpet dan gunakan cairan pembersih agar karpet bersih maksimal. 

Bila karpet sudah dibersihkan, Anda bisa melakukan pembersihan dasar kabin dengan penyedot debu atau sikat kecil agar sisa-sisa kotoran dapat hilang.

Baca Juga :

2. Hilangkan Debu pada Dashboard

Dashboard merupakan bagian penting karena terdapat panel-panel indikator yang membuat informasi kondisi mesin.

Selain itu, pada dashboard juga ada lubang ventilasi AC yang mengeluarkan hawa dingin di dalam kabin mobil. Tak hanya itu, pada dashboard terdapat head unit yang menjadi hiburan pada mobil. 

Karena itu, dashboard menjadi hal yang utama juga untuk dibersihkan agar nyaman saat berkendara.

Debu yang menumpuk pada dashboard juga bisa mengganggu kesehatan lho. Pasalnya pengemudi maupun penumpang dapat menghirup debu tersebut karena adanya AC.

Selain menjadi nyaman, membersihkan dashboard pada mobil bisa membuat Anda terhindar dari penyakit. 

Hal yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan dashboard adalah dengan mengelap dashboard secara keseluruhan.

Anda juga bisa meggunakan cairan pembersih dan kuas kecil untuk membersihkan dahsboard.

Pastikan Anda melakukan pembersihan hingga ke ruang-ruang terkecil agar mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Membersihkan Jok

Bagian ini juga tidak bisa dilewatkan, berbagai aktivitas bisa saja terjadi di atas jok mobil. Seperti makan dalam mobil, tentu sisa-sisa makanan bisa saja menempel pada jok. 

Anda bisa membersihkan jok dengan peyedot debu atau juga sikat lembut. Namun, Anda juga bisa mencuci jok untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mencuci jok bisa Anda lakulan bila memang jok pada mobil Anda benar-benar kotor karena ada noda membandel. Akan tetapi, sebelum melakukan pencucian Anda perlu mengetahui bahan dasar jok mobil Anda.

Lakukanlah perawatan yang sesuai dengan bahan dasar jok Anda. Jangan sampai jok mobil Anda rusak karena salah melakukan perawatan.

4. Bersihkan Bagian Plafon Mobil

Plafon mobil terkadang kerap terlewatkan dalam melakukan pembersihan kabin. Padahal plafon bisa saja terjamur bila tidak lakukan perawatan.

Bila hal itu terjadi, tentu akan membuat kenyamanan berkendara berkurang. 

Plafon pada kabin mobil biasanya terbuat dari kain atau beludru. Anda bisa membersihan dengan menggunakan lap microfiber yang telah dibasahi air dan cairan pembersih. 

Jadi pastikan plafon jangan terlewat. Karena bila sudah berjamur pasti akan sulit untuk dibersihkan.

5. Bersihkan Filter AC

Selanjutnya yang bisa Anda lakukan agar kabin mobil tetap bersih adalah membersihkan filter AC.

Filter AC yang kotor bisa menyebabkan bau tidak sedap dalam kabin dan mengeluarkan kotoran dari ventilasi AC. 

Namun, bila Anda melakukan perawatan, makan AC akan mengeluarkan udara segar dan tetap bersih sehingga kabin pada mobil nyaman. 

Jika filter sudah dibersihkan namun, tetap mengeluarkan udara tidak segar. Maka, Anda bisa menggantinya dengan yang baru.

Itu dia tips merawat kabin mobil agar tetap bersih dan nyaman saat dikendarai. Pastikan Anda melakukan pembersihan dengan baik agar tidak ada kotoran yang terlewat.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain