5 Hal Yang Perlu di Perhatikan Saat Ingin Menyalip Kendaraan Lain

Ruangojol.com - Menyalip kendaraan lain merupakan suatu hal yang biasa bagi pengendara mobil di jalan. Namun, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan saat ingin menyalip kendaraan lain.

Mengendarai mobil memang perlu keahlian dan kesabaran, apalagi bila ingin mendahului atau menyalip kendaraan lain. 

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan tips mudah dan aman menyalip mobil lain. Perhatikan hal di bawah ini supaya Anda memahami bila ingin menyalip kendaraan lain.

5 Hal Yang Perlu di Perhatikan Saat Ingin Menyalip Kendaraan Lain

Tips Mudah dan Aman Menyalip Mobil Lain

Dilansir dari auto2000, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan bila ingin menyalip kendaraan lain. Tak hanya sabar dan waspada, kata kunci dari mendahului atau menyalip kendaraan lain adalah "Pastikan". Berikut penjelasannya.

1. Pastikan Perlu

Faktor utama saat berkendara di jalan raya adalah keselamatan bersama. Karena itu, Anda tak perlu memaksakan diri untuk melakukan sesuatu yang tak perlu, seperti berapa perlukah menyalip bila memang sedang tidak terburu-buru? Pastikan Anda berkendara dengan seperlunya saja supaya menciptakan keselamatan berkendara.

2. Pastikan Boleh

Bila ingin menyalip kendaraan lain, Anda perlu memperhatikan rambu dan marka jalan.

Marka jalan tidak terputus di tikungan dan jembatan yang mengartikan Anda dilarang menyalip atau berpindah jalur karena kondisi jalan yang tidak memungkinkan. Selain itu, ada rambu dilarang mendahului ketika melewati area perbukitan.

Hal tersebut perlu Anda perhatikan untuk mengetahui apakah boleh menyalip? Anda perlu mematuhi aturan yang ada sebelum memutuskan untuk menyalip kendaraan lain.

BACA JUGA

3. Pastikan Aman

Bila sudah memastikan dua hal sebelumnya, Anda harus memastikan apakah aman untuk menyalip kendaraan yang berada di depan.

Pada hal ini Anda dapat memantau kondisi jalan di depan atau di belakang menggunakan spion mobil. Hal ini berguna untuk mengetahui apakah ada kendaraan lain di belakang Anda yang ingin menyalip atau ada kendaraan lain di sebelah Anda yang dalam kecepatan tinggi.

Pastikan aman bila ingin menyalip kendaraan lain dengan mengetahui bahwa tidak ada kendaraan lain dan Anda dapat ruang yang cukup untuk mendahului.

4. Pastikan Lancar

Meski sudah memastikan kondisi jalan sudah aman, Anda tidak boleh menyalip seenaknya saja. Anda perlu memastikan apakah kondisi jalan sedang dalam keadaan lancar atau tidak.

Dengan memastikan kondisi jalan lancar, Anda dapat mempersiapkan diri untuk menyalip kendaraan lain. Anda dapat memberikan kode berupa klakson atau menyalakan lampu sein bila ingin menyalip. 

Dengan memberikan kode ke pengendara di depan Anda. Setidaknya pengendara depan tahu bahwa Anda ingin mendahului dan pengendara tersebut akan memberikan ruang kepada Anda.

5. Pastikan Mampu

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan bila ingin menyalip kendaraan lain adalah memastikan bahwa kendaraan Anda mampu menyalip.

Anda perlu mempertimbangkan banyak hal seperti apakah mobil Anda dalam bermuatan penuh sehingga akan sulit atau dalam kondisi cuaca hujan dan permasalahan lainnya yang dapat mengurangi kemampuan mobil Anda.

Pastikan mobil Anda dalam performa baik bila ingin mendahului.


Itu dia beberapa hal yang perlu Anda perhatikan bila ingin menyalip kendaraan lain. Disarankan untuk Anda berkendara dengan berhati-hati supaya mengurangi risiko kecelakaan.