Mau Beli Pulsa & Token Listrik Murah? Klik Disini!

Jangan Panik! Berikut Hal yang Perlu Anda Lakukan Ketika Ban Pecah di Jalan

Jangan Panik! Berikut Hal yang Perlu Anda Lakukan Ketika Ban Pecah di Jalan
Ruangojol.com - Pecah ban mobil merupakan hal yang membuat sebagian pengendara panik. Namun, Anda seharusnya tidak perlu panik bila terjadi hal tersebut. Karena bila Anda panik, akan kemungkinan terjadi kecelakaan.

Untuk menghadapi hal tersebut, Anda diharuskan tenang supaya dapat menghadapi dan mengontrol risiko yang terjadi di depan Anda dan pengendara lainnya tetap aman.

Ruangojol.com telah merangkum informasi mengenai hal yang perlu Anda lakukan ketika ban pecah saat berkendara. Berikut informasinya.

Jangan Panik! Berikut Hal yang Perlu Anda Lakukan Ketika Ban Pecah di Jalan

BACA JUGA

Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Ban Pecah di Jalan

Sebagai pengemudi, Anda harus mengetahui hal-hal yang perlu dilakukan bila mengalami pecah ban di jalan. Hal tersebut untuk meminimalisir terjadi kecelakaan.

1. Jangan Panik

Hal utama bila mengalami ban pecah di jalan adalah jangan panik. Kepanikan hanya membuat Anda kesulitan untuk mengambil keputusan. 

Dengan kondisi tenang dan tidak panik, Anda dapat mengontrol kendaraan dengan baik dan tidak membahayakan pengendara lainnya. Selain itu, Anda akan tahu apa saja yang harus dilakukan setelah itu.

2. Jangan Rem Mendadak

Jangan pernah melakukan pengereman secara mendadak bila terjadi ban pecah. Hal ini dikarenakan dapat membuat mobil hilang kendali dan susah untuk dikontrol. 

Karena itu Anda cukup memperlambat kendaraan Anda dan menepi di pinggir jalan. Jangan sampai Anda melakukan rem mendadak dan terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

3. Lakukan Engine Braking

Pilihan untuk memperlambat kendaraan ketika ban mobil pecah adalah menggunakan teknik engine braking

Engin Braking merupakan teknik memperlambat kecepatan kendaraan dengan mengandalkan putaran mesin. Anda cukup menurunkan gigi transmisi mobil untuk memperlambat kendaraan.

4. Lepaskan Pedal Gas

Lepaskan pedal gas dan biarkan kendaraan Anda menjadi lambat sendirinya. Bila sudah pelan, Anda dapat menepikan mobil Anda ke kiri jalan.

Jangan lupa untuk memberikan kode lampu sein kiri ketika menepi. 

5. Kontrol Kemudi

Bila terjadi ban pecah, kontrol kemudi pun akan menjadi lebih sulit. Anda harus mengontrol kemudi agar tetap lurus dan tidak belok-belok.

Lakukan kontrol yang kuat sambil menepikan mobil Anda.


Itu dia beberapa hal yang perlu Anda lakukan ketika ban pecah di jalan. Selalu ingat untuk tidak panik ketika terjadi sesuatu supaya Anda tetap bisa mengontrol kemudi dengan baik.
© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain