Kode Referral Kredivo 2024, Bonus Hingga 250rb Points untuk Pengguna Baru!. Klik Disini

Mengenal Lebih Jauh Tentang Platform/Aplikasi Investasi Keuangan

Berikut adalah informasi mengenai aplikasi investasi yang harus diketahui oleh pemula dalam berinvestasi mudah dan aman, semoga bermanfaat ya.
Ruangojol.com - Platform Investasi Keuangan - Anda mungkin tahu benar bahwa perkembangan teknologi telah berdampak pada sebagian besar kehidupan manusia. Ya, ada banyak hal diciptakan demi memudahkan berbagai aktifitas manusia, tak terkecuali dalam berinvestasi. 

Teknologi memudahkan para penyedia layanan investasi dalam melayani masyarakat, salah satunya melalui berbagai platform. Namun sayangnya, tak sedikit pula masyarakat yang kurang mengenal platform investasi.

platform-aplikasi-investasi-keuangan

Investasi Online, Pemicu Perkembangan Platform Investasi Saat Ini

Dahulu, sebelum masyarakat mengenal platform investasi seperti saat ini, kegiatan menempatkan uang untuk mendapatkan keuntungan ni masih berupa hal sederhana. Sebut saja seperti membeli tanah, membeli properti dan membeli emas. Selain pilihan yang terbatas, masing-masing opsi juga tak jarang memiliki persyaratan yang berat dan tak selalu terjangkau bagi lapisan masyarakat tertentu. Belum lagi dengan persyaratan administratif yang juga bisa membutuhkan waktu dan tenaga lebih.

Pencapaian manusia di bidang kemajuan di bidang teknologi, utamanya komunikasi saat ini, memungkinkan investasi untuk dilakukan secara online. Ya, investasi online berhasil mengatasi berbagai kendala dan permasalahan di bidang penanaman modal. Selain menawarkan lebih banyak pilihan instrument, investasi online juga dikenal lebih praktis sesuai dengan kehidupan masyarakat modern.

Baca Juga:
Dalam praktiknya, investasi online ini dilakukan melalui platform investasi yang ditawarkan oleh perusahaan penyedia layanan investasi. Jenis investasi yang ditawarkan dalam platform pun cukup beragam, meliputi P2P Lending, reksadana, emas, saham bahkan investasi online syariah. Tak hanya layanan lengkap sesuai kebutuhan investor, penyedia layanan juga menjamin keamanan pengelolaan dana dengan mendaftarkan diri ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan lembaga terkait.

Investasi online saat ini cenderung lebih diminati dibanding investasi konvensional. Ya, ada beberapa kelebihan yang membuat investasi online melalui platform maupun aplikasi lebih diminati masyarakat, antara lain:

1. Transaksi yang Efisien

Investasi online via aplikasi dan website resmi memungkinkan Anda sebagai investor untuk melakukan transaksi yang berkaitan dengan investasi dengan cepat dan aman. Semua dilakukan dari laptop atau smartphone yang terhubung ke internet. Kemudahan juga ditingkatkan dengan akses layanan perbankan yang sudah mendukung.

2. Informasi Up-to-Date

Informasi seperti kecenderungan dan pergerakan harga dan berbagai variable lain yang mempengaruhi keputusan bisa didapatkan dengan cepat berkat teknologi. Platform investasi seringkali menyediakan detail untuk memahami kondisi pasar terbaru. Tentu saja hal ini akan menguntungkan Anda sebagai investor.

3. Memantau Secara Real-Time

Anda juga bisa memantau perkembangan investasi secara berkala melalui aplikasi maupun website. Seperti halnya membuka feed media sosial, berinvestasi pun bisa jadi kegiatan yang menyenangkan. Anda bisa memonitor total investasi, kemudian menghitung sesuai harga jual beli terbaru dengan mudah.

Baca Juga:

4. Transparansi

Selain halnya memantau data terkini, investasi online juga memungkinkan transparansi tentang produk, potensi profit, hingga risiko investasi tanpa ada yang disembunyikan. Ini bisa menjadi satu hal yang sangat memudahkan Anda, meskipun masih pemula di dunia investasi.

5. Lebih Banyak Pilihan

Satu hal yang menjadi kelebihan investasi online melalui platform investasi adalah lebih banyak pilihan. Anda pun bebas memilih investasi sesuai kemampuan dan keinginan mulai dari emas online, reksadana online, deposito, tabungan berjangka, saham, P2P lending dan equity crowdfunding, Surat Berharga Negara (SBN), Forex trading dan sebagainya.

Berbagai kelebihan investasi online yang ditawarkan melalui platform investasi di atas, membuat investasi kini semakin terjangkau bagi lebih banyak lapisan masyarakat. Tak heran jika kemudian semakin banyak pula aplikasi dan situs yang menawarkan layanan investasi online. Anda, sebagai calon investor, pun harus memahami benar tentang apa itu platform investasi.

Manfaat Mendasar Mengenal Platform Investasi

Agar investasi, terlepas dari apapun pilihannya, bisa mendapatkan hasil sesuai harapan, Anda sebagai investor wajib mengenal platform investasi dulu. Mengapa demikian? Tentu demi menghindari berbagai resiko yang tidak perlu dan modal bisa mendatangkan profit. Memang, setiap investasi memiliki nilai resiko, tapi apakah Anda harus menanggung yang seharusnya tak perlu?

Pada dasarnya, platform investasi merupakan layanan online yang memungkinkan Anda dalam membeli, menjual maupun menempatkan modal atau uang. Dalam penggunaannya, Anda bisa berinvestasi melalui layanan manajemen investasi atau secara langsung. Anda bisa berinvestasi melalui aplikasi mobile maupun aplikasi web yang kemudian diakses melalui perangkat seperti smartphone maupun laptop yang terkoneksi ke internet.

Baca juga:

Pada awal kemunculannya, platform investasi lebih diminati karena bisa menjadi cara yang efisien guna menekan biaya pajak. Investor bisa mengelola banyak produk investasi sekaligus cukup dengan menggunakan 1 platform investasi saja. Demi menjamin keamanan modal, penyedia platform harus terdaftar di OJK agar mendapat pengawasan dan beroperasi sesuai ketentuan yang berlaku di Indonesia.

Perkembangan platform investasi sesuai dengan penyedia layanannya kemudian memiliki karakteristik yang juga perlu dipertimbangkan. Misalnya tentang biaya-biaya yang bisa saja berbeda pada masing-masing platform. Meskipun memiliki nominalnya sendiri, ketentuan biaya bisa sangat berbeda untuk biaya transaksi, biaya admin atau biaya lain yang relevan. Ini pulalah yang kemudian membuat nyaris tidak ada platform yang benar-benar terbaik untuk segala investasi.

Jadi, dengan mengenal dan memahami platform investasi yang kini semakin beragam tersebut, ada 2 manfaat mendasar yang bisa Anda dapatkan, yaitu:

Menghindari Resiko yang Tak Perlu

Setiap pilihan instrument dan cara investasi memang memiliki resikonya sendiri. Dan semua itu sudah cukup untuk Anda tanggung, tak perlu lagi ada tambahan resiko yang tak perlu. Ya, ada berbagai tindak ilegal yang bisa merugikan Anda jika asal-asalan memilih platform investasi, utamanya penipuan dan penggelapan modal. Maka dari itu, pastikan platform pilihan memiliki legalitas dan kredibilitas yang terjamin.

Selain ancaman dari segi penyedia layanan, tak jarang pula ancaman muncul dari kurangnya kualitas platform yang disediakan, utamanya dari segi keamanan. Inilah yang kemudian memicu terjadinya penyalahgunaan data investor oleh orang-orang tak bertanggungjawab. Lemahnya keamanan bisa menjadi celah peretasan yang mengincar data pribadi atau bahkan modal Anda.

Demi Mendapatkan Manfaat Maksimal

Dengan platform investasi yang terpercaya, Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal dari investasi yang dilakukan. Selain bisa menganalisa potensi keuntungan dari produk yang ditawarkan, Anda juga bisa menekan biaya pengeluaran yang tentunya disesuaikan dengan karakteristikmu dalam berinvestasi. Dengan beigitu, Anda bisa mendapatkan keuntungan terbaik sesuai dengan skema yang jelas dan biaya yang transparan.

Selain itu, Anda juga memiliki pilihan instrumen yang memang sesuai dengan keinginan dan kemampuanmu. Hal ini penting dalam upaya diversifikasi investasi sebagai bentuk dari manajemen resiko yang harus Anda terapkan selama berinvestasi. Masuk akal bukan?

Bukankah kedua manfaat ini sudah cukup meyakinkan? Maka dari itu, Anda sebagai calon investor, wajib untuk mengenal platform investasi dan memahami benar apa saja yag ditawarkan di dalamnya. Dan sebelumnya, Anda juga harus memastikan bahwa mereka memang benar terdaftar dan diawasi oleh otoritas yang berwenang di Tanah Air. Hasilnya, Anda pun bisa melakukan investasi dengan mudah, aman dan nyaman sesuai kemampuan dan keinginan.
Hanya manusia biasa yang ingin berbagi pengalaman dalam bentuk tulisan. :)