Cara Service Rem Mobil Yang Benar Jika Booster Rem Rusak

Cara mengatasi rem mobil yang bermasalah apabila booster rem rusak, cara ini dapat Kamu lakukan dirumah atau simak penyebab berikut ini...

Cara Service Rem Mobil Yang Benar Jika Booster Rem Rusak - Pengereman pada mobil adalah salah satu fitur keamanan dan keselamatan bagi pengemudi yang paling utama. Saat Kita mengetahui bahwa rem mobil kurang berfungsi dengan semestinya, maka Kita perlu membawanya segera ke tempat service mobil terdekat untuk perbaikan rem.

Bagaimaan jika rem mobil tiba-tiba blong saat sedang berkendara..tentunya hal ini sangat mengerikan bagi siapapun. Pasti Kita panik jika rem bermasalah apalagi saat Kita tidak sadar membawa mobil dengan kecepatan yang cukup tinggi pastinya fase mengerem menjadi lebih pending karena tidak pakem.

cara-service-rem-mobil-ketika-booster-bermasalah

Kita dapat kehilangan kendali dan dapat menyebabkan kecelakaan apalagi jika kecelakaan ini melibatkan kendaraan lainnya sungguh hal yang tidak di inginkan bukan.

Maka dari itu pentinya bagi Kita untuk selalu memperhatikan kondisi kinerja mobil terutama pada rem mobil secara rutin agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bagi keselamatan Kita.

Baca Juga :

Ciri-ciri Rem Mobil Bermasalah

Untuk mengetahui rem mobil Kita bermasalah atau tidak, biasanya Kita akan merasakan tanda atau ciri berikut ini.

1. Kemudi Yang Bergetar Saat Melakukan Rem

Ketika kendaraan melaju dengan kecepatan yang lumayan tinggi, kemudian Kita menginjak pedal rem akan terasa getaran yang tidak seperti biasanya pada kemudi.

Getaran ini akan muncul pada saat Kita melakukan rem, hal ini disebabkan karena cakram mobil yang sudah tidak rata karena memang sudah memasuki masa pakai atau kemungkinan juga cakram mobil telah karatan.

2. Arah Mobil Yang Tidak Seimbang

Jika Kamu pernah mengalami arah mobil yang lebih ke satu sisi atau tidak lurus artinya memang Kita kehilangan kendali pada mobil. Ini menjadi salah satu tanda bahwa rem mobil sudah bermasalah serius.

Kamu dapat membawanya ke bengkel service mobil terdekat untuk memeriksa bagian rem pada mobil untuk penanganan secepatnya.

3. Pedal Rem Sudah Dol

Apabila pedal terasa ringan saat diinjak itu bisa saja disebabkan oleh rem mobil yang sudah dol. Kita harus sangat berhati-hati jika telah merasakan hal in iselagi mengemudi apalagi dijalanan menurun.

Rem yang dol atau blong ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti kebocoran pada sistem pengereman, pada silinder eksternal maupun internal merupakan beberapa faktornya.


4. Seluruh Mobil Bergetar Saat Rem

Jika Kamu mendapati mobil bergetar saat melakukan pengereman bisa jadi itu dikarenakan rem belakang mobil Kita bermasalah.

Cara mengecek apakah rem belakang mobil Kita bermasalah atau tidaknnya dengan mengerem menggunakan rem tangan ketika melaju dengan kecepatan rendah.

Jika memang terjadi kerusakan pada rem belakang mobil, Kita dapat segera membawanya ke bengkel service rem mobil terdekat.

5. Terdengar Bunyi Berdesis Saat Menginjak Rem

Tanda selanjutnya yang dapat mencirikan rem mobil bermasalah adalah ketika mendengar suara bising atau berdesis ketika Kita melakkan rem pada mobil.

Jika terdapat suara mendesis, kemungkinan memang rem mobil Kita sedang mengalami masalah.

Suara mendesis ini bisa saja terjadi karena kampas rem yang sudah tipis. Untuk cara memperbaikinya sendiri sangat mudah yaitu Kita hanya perlu membersihkan permukaan kampass rem menggunakan sprayer brake cleaner yang bisa didapatkan dibengkel service rem terdekat.

Apa Itu Booster Rem ?

Pada komponen rem mobil, ada yang naanya booste rem yaitu komponen yang berfungsi memberikan keringanan ketika sedang menginjak rem. Pijakan saat menginjak pedal rem menjadi lebih ringan sehingga Kita tidak perlu menggunakan banyak energi. Pada mobil tiper tertentu biasanya sudah mengunakan booster rem pada sistem pengeremannya.

Terdapat dua jenis booster rem yaitu tipe vacuum dan hidrolik, tipe vacuum ini bekerja dengan menggunakan intake manifold yang di-vacuum sedangkan tipe hidrolik yang dihasilkan dari pompa.

Baca Juga :

Booster rem tentu bisa mengalami kerusakan meskipun jarang terjadi kebocoran, tetapi setiap komponen mobil pasti memiliki usia pakai. Cara mengeceknya adalah dengan menyalakan mesin mobil dalam kondisi diam beberapa saat kemudian dimatikan kembali.

Kemudian injak pada rem beberapa kali..jika posisi rem perlahan semakin naik dan keras berarti booster rem masih kedap. Tetapi jika langsung naik dan terasa keras, berarti tidak ada tekanan udara vakum yang masuk ke booster.

Cara melihat kebocoran mekanisme booster rem bisa melalui dua komponen, yaitu komponen selang vakum atau brake vacuum hose dan membran bantalan karet di dalam booster rem.

Kebocoran dapat saja terjadi apabila karet yang getas sehingga tekanan udara mendorong bantalan membran karet. Tekanan udara vakum yang bocor bisa jadi kembali pada pedal rem yang membuatnya keras sewaktu diinjak. Oleh karena itu Kita perlu melakukan service pada booster rem mobil Kita.

Cara Memperbaikin Booster Rem Mobil

Terdapat beberapa cara yang dapat Kita lakukan untuk service rem mobil Kita, cara memperbaiki booster rem ini tidak terlalu sulit dan dapat Kita lakukan sendiri dirumah.

  • Lakukan inspeksi secara menyeluruh pada booster rem mobil
  • Lepas master rem yang melekat pada tabung booster sehingga tidak menghalangi proses perbaikan.
  • Lepaskan booster dari body serta pedal rem mobil.
  • Jika karet membran telah rusak misalnya sobek, maka tambah dahulu karetnya sehingga dapat kembali tertutup.
  • Setelah selesai menambal, Kita bisa memasangkan kembali komponen-komponen yang Kita lepass sebelumnya ke tempat semula.
  • Selanjutnya lakukan uji kendaraan untuk memastikan jika kondisinya sudah benar-benar baik.
Itulah cara service rem mobil yang benar jika booster rem mobil bermasalah. Kamu dapat mencobanya dirumah, namun apabila tidak memiliki keahlian tentang teknisi mobil sebaiknya bawa saja kebengkel mobil terdekat.
© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain